Peristiwa

Awas Jalan By Pass Mojokerto Banyak Lubang

Mojokerto (beritajatim.com) – Pengedara kendaraan bermotor harus ekstra hati-hati jika melintas di Jalan By Pass Mojokerto. Pasalnya, banyak kasus kecelakaan di jalur nasional menghubungkan antara Surabaya-Madiun akibat jalan rusak.

Hampir setiap minggu ada dua kecelakaan di jalan berstatus trans nasional tersebut. Tidak hanya berakibat korban mengalami luka-luka, kerusakan jalan dengan kontur lubang mengganga menyebabkan velg motor bengkok dan retak.

Salah satu pemilik bengkel di Jalan By Pass, Husna mengatakan, jika jalan tersebut rusak sudah lama. “Kerusakan jalan terbilang cukup parah. Selain bergelombang, jalan antarkota antarprovinsi ini banyak terdapat lubang mengganga,” ungkapnya, Jumat (25/1/2019).

Masih kata Husnan, kedalamannya pun bervariasi, mulai 5 cm hingga 15 cm dan diameter lubang hingga mencapai 1 meter. Sehingga kerusakan jalan sangat mengancam pengguna jalan. Utamanya pengendara sepeda motor.

“Setiap minggu, jika di rata-rata ada sampai dua kecelakaan. katanya. Kemarin ada polisi jatuh tersungkur karena tidak mengetahui ada lubang mengganga di bahu jalan. Alhamdulillah, pak polisinya tidak sampai luka parah,” katanya.

Pemilik bengkel di By Pass lainnya, Iwan Wibisono menambahkan, kerusakan jalan di sepanjang jalan  By Pass mengakibatkan motor pengendara banyak yang masuk bengkel. “Baik karena ban bocor atau masalah lainnya. Khususnya pada hari Sabtu, banyak yang celaka,” tuturnya.

Masih kata Iwan, lubang di sepanjang jalan By Pass sebelumnya sudah pernah diperbaiki. Namun hanya sebatas tambal sulam, apalagi musim hujan. Pagi ditambal, sore harinya aspal sudah mengelupas lagi. Ditambah Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tak maksimal.

“Belum lagi saat diguyur hujan, lubang di tengah jalan itu juga tidak terlihat karena tergenang air. Karena PJU tidak maksimal di By Pass,” tegasnya.[tin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar