Peristiwa

Awak Bus Diperiksa Sebelum Melayani Pemudik

Gresik (beritajatim.com)- Para awak bus antar kota dalam provinsi (AKDP), dan antar kota antar provinsi (AKAP) diperiksa satu persatu sebelum menjalankan kendaraannya.

Pemeriksaan itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes), serta Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik, di pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular (posbindu PTM) di Terminal Bunder, Sabtu (1/06/2019).

Kasi Penyakit Tidak Menular Dinkes Gresik Moh Nukhan mengatakan, untuk mencakup semua bus yang lewat Gresik pihaknya menunggu hingga tiga shift kerja. Para awak bus itu diperiksa tinggi dan berat badan, tekanan darahnya, hingga kolesterol.

“Setiap hari kami bisa memeriksa 50 awak bus,”ujarnya.

Nukhan mengaku dari semua awak bus yang diperiksa itu tidak ditemukan yang sakit. Sebab, misalnya ada supir yang tekanan darahnya tinggi bisa bahaya. Dikawatirkan mengalami masalah kesehatan saat di jalan.

“Memang ada beberapa awak bus yang mengalami masalah ringan. Misalnya, kolesterol, tekanan darah yang tidak normal. Namun kami berupaya mengobatinya,” ungkapnya.

Selain diperiksa kesehatannya, awak bus itu juga diberikan vitamin oleh petugas Dinkes.

“Kami menghimbau agar awak bus menjaga kebugaran. Jangan sampai kelelahan. Sebab, jika memiliki riwayat penyakit bisa berbahaya,” pungkasnya. [dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar