Peristiwa

Atasi Kekeringan, Sejumlah Komunitas Pamekasan Kompak Distribusikan Air Bersih

Pamekasan (beritajatim.com) – Kekeringan yang tersebar di 311 dusun di 77 desa berbeda di kabupaten Pamekasan, membuat sejumlah komunitas di wilayah setempat, ikut aktif dalam kegiatan sosial berupa pendistribusian air bersih untuk masyarakat terdampak.

Mereka bahu membahu melaksanakan aksi sosial demi meringankan beban masyarakat terdampak kekeringan akibat musim kemarau. Sekalipun pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat, juga sudah menerjunkan sejumlah personil lengkap dengan peralatan berupa mobil tangki air.

Dari beragam komunitas yang ikut serta melakukan aksi sosial, di antaranya komunitas relawan, para alumni lembaga pendidikan, komunitas motor hingga komunitas wartawan di Pamekasan. Termasuk instansi samping semisal ORARI hingga Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan.

“Pendistribusian air bersih gratis ini merupakan inisiatif dan sumbangsih ril dari teman-teman alumni, tujuannya untuk mengurangi beban masyarakat terdampak kekeringan akibat musim kemarau seperti saat ini,” kata salah satu Alumni SMP Negeri 1 Pamekasan Tahun 90, Khoirus Soleh, Senin (12/10/2020).

Salah satu personil KSR PMI Pamekasan, mendistribusikan air bersih ke salah satu tandon air.

Pihaknya menyampaikan aksi sosial tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian yang dilakukan komunitasnya, bahkan kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap tahun. “Hal ini merupakan salah satu momentum bagi kami untuk berbagi, tentunya demi meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pemkab Pamekasan juga sudah melakukan aksi serupa dengan menerjunkan sejumlah personil lengkap dengan mobil tangki yang digerakkan ke berbagai titik kekeringan di wilayah setempat. Termasuk memfasilitasi dengan fasilitas sumur bor di sejumlah titik berbeda.

Berdasar update data Badan Pananggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, titik kekeringan di Pamekasan tersebar di 311 dusun dari 77 desa berbeda yang berada di 11 kecamatan. Sedangkan akhir kemarau diprediksi pada penghujung Oktober 2020. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar