Peristiwa

Atasi Banjir, Pemkab Bojonegoro Buat Sodetan Kali Gandong

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro membuat sodetan Kali Gandong untuk mengurangi dampak banjir akibat luapan sungai. Pembuatan sodetan disambut warga Dukuh Sugihan, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang dengan melakukan tasyakuran di lokasi yang akan dilakukan sodetan.

Kepala Desa Kedungsumber Kardi menyampaikan bahwa masyarakat Kedungsumber sudah sejak lama menunggu adanya Sodetan Kali Gandong. Sehingga mereka antusias dan bersyukur dengan melakukan syukuran untuk kelancaran pembuatan sodetan Kali Gandong.

“Harapan kami dengan adanya sodetan Kali Gandong ini dapat mengurangi banjir yang terjadi setiap tahun. Masyarakat desa Kedungsumber mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Bupati Bojonegoro dalam pembangunan tersebut,” ujarnya, Kamis (1/8/2019).

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kedungsumber. Pemerintah telah mengajukan sodetan Kali Gandong sejak 2009 dan baru dilaksanakan tahun 2019 ini.

Bupati berpesan agar mengawal pembuatan sodetan Kali Gandong. Setelah sodetan Kali Gandong ini jadi masyarakat harus menjaganya, jangan samapai dikotori, jangan membuang sampah ke Sodetan Kali Gandong ini. “Kedepan juga diharapkan pinggiran Sodetan Kali Gandong dapat ditanami bambu agar tidak terjadi abrasi,” harapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU SDA), Edy Susanto mengatakan sudetan Kali Gandong ini rencananya akan dibuat sepanjang 800 meter dengan membelah tiga bukit. Sementara, lanjut Edy, kedalaman sudetan tersebut antara tiga meter hingga hingga 13 meter dengan lebar 50 meter.

“Pembuatan sudetan ini langsung memotong kompas dari barat ke timur. Aliran sungai Gandong ini karena meliuk-liuk,” ungkapnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar