Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Atap Pondok Pesantren Sunniyah Salafiyah Kota Pasuruan Ambrol

Pasuruan (beritajatim.com) – Selain banjir, guyuran hujan deras semalaman juga mengakibatkan atap rumah warga di jalan KH Wahid Hasyim gang 5, mendadak roboh pada Selasa pagi (30/11/2021). Hujan deras disertai angin kencang merobohkan pondasi bangunan rumah tua milik Gus Mujib yang berada tepat di samping utara Masjid Jami Al Anwar, Kelurahan Kebonsari, Kota Pasuruan.

Kalaksa BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengatakan bahwa pihaknya mendapat laporan bahwa atap rumah roboh terjadi saat pagi hari.

“Ada warga yang melaporkan adanya kejadian atap rumah roboh di RT 2 RW 5 Kelurahan Kebonsari. Kejadian itu masuk saat pagi harinya, ” ujar Samsul.

Saat itu warga yang baru saja selesai melaksanakan ibadah salat shubuh dikagetkan dengan suara ambrolnya atap rumah Gus Mujib. Sontak warga langsung mengecek ke lokasi kejadian.

“Sekitar jam setengah 6, warga mendengar suara keras. Sewaktu dicek ternyata ada atap rumah roboh, ” ujarnya.

Samsul memperkirakan bahwa kejadian atap rumah ambrol akibat pondasi bangunan yang sudah tua sehingga tidak kuat menahan guyuran air hujan. Kondisi itu menyebabkan pondasin tidak kuat menahan beban dan adanya kelapukan pada kayu-kayu penopang atap.

“Semalam kan hujan deras, apalagi kami lihat tadi rumahnya memang rumah tua jadi rawan. Terlihat juga kayu-kayunya juga sudah lapuk, ” ungkapnya.

Pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Pasalnya atap rumah yang ambrol tersebut merupakan pondok Sunniyah Salafiyah Kota Pasuruan. [ada/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar