Peristiwa

Atap Pendapa Kantor Kelurahan Sumbersari Jember Ambruk

Jember (beritajatim.com) – Atap pendapa Kantor Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur ambruk, Minggu (1/11/2020). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Lurah Sumbersari Ani Mujiati mengatakan, pendapa itu diperkirakan ambruk pada 4.30. Saat ambruk, tak ada yang berjaga, karena penjaga malam juga sudah pulang. “Sempat dikira lindu (gempa), ternyata suara gemuruh ambruknya pendapa,” katanya.

Ani mengatakan, pendapa itu sudah tak digunakan sejak setahun lalu. “Kami tidak pakai. Kayu besar di pojok utara patah. Setiap hari ada asbes berjatuhan, Keropos,” katanya.

Pemerintah Kelurahan Sumbersari sudah memberikan penanda papan agar tak ada yang melintasi. “Saya memang tidak membolehkan (pendapa) dipakai. Takutnya setiap detik kita tidak tahu kapan ambruknya. Memang saya prediksi, ini pasti ambruk pada musim hujan,” kata Ani.

Penahan genteng di atas joglo sudah patah. “Hujan terus-menerus tiga (hari) sampai seminggu, saya prediksi ambruk. Ini kan tidak terus-menerus, tapi ambruk. Ini lama tidak direnovasi,” kata Ani.

Ini bangunan fasilitas umum dan pemerintahan kesekian yang ambruk di Kabupaten Jember. Sebelumnya pendapa kantor Kecamatan Jenggawah dan beberapa sekolah juga sempat ambruk. Begitu pula jembatan Jompo dan sepuluh ruko di jalan protokol Sultan Agung yang berdiri di atasnya juga ambruk dan belum selesai diperbaiki hingga sekarang. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar