Peristiwa

Atap Gedung SDN Karangsono 04 di Jember Ambruk

Jember (beritajatim.com) – Atap gedung sekolah negeri di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kembali ambruk. Jika sebelumnya sejak Desember 2019, ada enam bangunan SD negeri dan satu bangunan SMP negeri yang ambruk, kali ini, atap SD Negeri Karangsono 04 di Dusun Gumukrejo, Desa Karangsono, Kecamatan Bangsalsari yang ambruk, Selasa (1/12/2020) pagi.

Atap yang ambruk adalah teras kelas 5 dan 6. “Tadi pagi sekitar 08.45 WIB. Tidak ada keguatan belajar, sehingga alhamdulillah tidak ada korban,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Jember Sukowinarno.

Menurut Suko, atap bangunan yang ambruk memang sudah tua dan lapuk. “Memang itu bangunan tahun 1978. Jadi karena lapuk, sudah sekian tahun, kena hujan setiap hari dan di daerah sana potensi memang angin dan hujan cukup tinggi. Apalagi kemarin hujan deras,” katanya.

Dispendik Jember sudah menurunkan tim ke sekolah tersebut. Semua genting dan bagian atap ruang kelas pun ikut diturunkan agar tidak terjadi ambrukan susulan. kata Sukowinarno.

Kepala SDN Karangsono 04 Eko Siswanto mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan perbaikan berulang kali. “Terakhir pada 2020 ini, tapi belum ada proses. Kok tidak ada kelanjutan,” katanya.

Kantor sekolah yang menjadi ruang guru juga sudah dua tahun tidak ditempati. “Bocor, kalau hujan banjir. Penjaga tidak berani naik ke atas (untuk memperbaiki),” katanya. Akhirnya, ia membuat kantor guru darurat.

Sebelum kegiatan belajar mengajar tatap muka terhenti karena Covid, ruang kelas 5 dan 6 masih dipakai untuk belajar para siswa. Eko mengatakan, tembok kelas masih bagus dan dirawat. “Kami akan mengusulkan untuk direhab. Sekarang sudah ada survei dari (Dispendik) Jember,” kara Eko. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar