Peristiwa

Asap Pekat TPA Terbakar Ganggu Pernafasan Warga Bangkalan

Kebakaran TPA Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Asap pekat yang menyebar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Bunajih, Kecamatan/Kabupaten Bangkalan, mengganggu pernafasan warga sekitar. Sehingga, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat meminta bantuan PMK (Pemadam kebakaran) untuk memadamkan api di TPA tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Yudhistiro mengatakan, asap tebal muncul dari sampah yang terbakar. Namun, ia tak mengetahui dari mana api berasal. “Di situ kan tempat terbuka, bisa jadi dari puntung rokok dari warga yang lewat,” ujarnya, Kamis (15/10/2020).

Ia menegaskan, pihaknya tak pernah melakukan pembakaran sampah karena menimbulkan polusi udara. Untuk mengantisipasi kebakaran semakin meluas pihaknya memanggil damkar.

Sementara itu, salah satu petugas pemadam kebakaran Shodik Johan Wahyudi mengatakan, pihaknya langsung bergerak dengan mengerahkan dua unit damkar. “Namun dua tangki ini tidak cukup, kami perlu suplai lima tangki tambahan agar asap segera hilang,” ungkapnya.

Ia mengaku, asap tersebut sudah ada sejak kemarin sore dan membesar pada Kamis pagi. Sehingga pihaknya menurunkan satu regu untuk memadamkan api di lokasi. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar