Peristiwa

Arema Police Sobo Kelurahan, Inovasi Hindari Kerumunan saat PPKM Mikro

Polresta Malang Kota jalankan program Arema Police Sobo Kelurahan untuk hindari kerumunan.

Malang (beritajatim.com) – Polresta Malang Kota menyediakan Bus Arema Police Sobo Kelurahan, bus SIM Keliling, dan kendaraan Samsat Keliling untuk menghindari kerumunan di Satpas dan Samsat Induk. Pelayanan ini dilakukan di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Jalan Soekarno Hatta, Kota Malang, Selasa, (9/2/2021).

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan Arema Police merupakan wujud pelayanan prima ke masyarakat. Selain itu, Arema Police Sobo Kelurahan efektif mengurangi kerumunan di Satpas dan Samsat induk. Sebab, berbasis wilayah. Sehingga memudahkan masyarakat sekitar memanfaatkan layanan ini tanpa harus ke kantor polisi.

“Hari ini kita buktikan, kita turun langsung jemput bola untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini sebenarnya salah satu cara juga untuk mengurangi kerumunan. Jadi kalau misalnya dia datang kesini, otomatis kan dia berdasarkan tempat tinggal lalu berbasis lokal dari dia tinggal,” ujar Leonardus.

Di dalam Arema Police Sobo Kelurahan itu, masyarakat bisa menikmati beragam layanan dari Polresta Malang Kota. Yaitu perpanjangan SIM A dan C, perpanjangan SKCK, pelayanan laporan kehilangan, dan pembayaran pajak tahunan bagi kendaraan roda dua dan empat. Masyarakat sangat antusias dengan adanya pelayanan Arema Police Sobo Kelurahan sebab mereka tak perlu lagi datang ke Satpas ataupun Samsat.

“Perpanjangan kan tidak perlu harus ke kantor kepolisian, lah itu juga mengurangi jumlah kerumunan yang ada di kantor. Sangat efektif, ini nanti bisa diukur. Kalau nanti yang kita layani sudah diatas 30 orang per hari saya rasa itu sudah bisa mengurangi jumlah kerumunan di Satpas dan Samsat induk kita ya,” kata Leonardus.

Selain mengoperasikan, Bus Arema Police Sobo Kelurahan, bus SIM Keliling, dan kendaraan Samsat Keliling Polresta Malang Kota juga membagikan 50 ribu masker ke pengendara roda dua dan roda empat yang melintas. Pembagian masker diharapkan mampu menekan penyebaran Covid-19. Apalagi Kota Malang menerapkan PPKM Mikro mulai 9 Februari hingga 22 Februari 2021.

“Kami juga lakukan kegiatan pembagian masker sekaligus juga pembagian pamflet 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas),” tandasnya. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar