Peristiwa

Area Persawahan di Trawas Mojokerto Longsor

Area persawahan di Dusun Kemendung, Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto yang longsor. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Area persawahan di Dusun Kemendung, Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jumat (19/2/2021) longsor. Materal dengan ketinggian 150 M2, lebar 70 m2 dan panjang 800 m2 terjadi setelah diguyur hujan lebat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, di wilayah Trawas diguyur hujan selama tiga sampai empat jam. “Hujan turun antara 3 sampai 4 jam di wilayah selatan,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, hujan yang menguyur dengan intensitas cukup lama tersebut menyebabkan area persawahan di Dusun Kemendung, Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Sekira 0,7 hektar sawah milik warga dengan tanaman padi tersebut longsor.

“Ketinggian longsor mencapai 150 M2, lebar 70 m2 dan panjang 800 m2. Sawah seluas 0,7 hektar tersebut milik 7 orang petani Trawas dengan tanaman padi yang sudah berusia 80 hari atau 2 bulan lebih. Longsor juga terjadi di kandang sapi milik warga, kandang sapi dengan ukuran 5 m2 x 6 M2 longsor,” katanya.

Team Teaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto langsung ke lokasi untuk melakukan assesment. TRC BPBD Kabupaten Mojokerto, lanjut Zaini, memberi imbauan kepada warga di sekitar lokasi longsor agar menjauh dari karena dikhawatirkan ada potensi longsor susulan.

“Lokasi longsor dilakukan sterilisasi oleh perangkat desa, kami juga menghimbau agar warga tidak mendekati lokasi longsor karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Mengingat hujan masih turun di lokasi longsor,” lanjutnya. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar