Peristiwa

Api di Gunung Argopuro Mulai Padam, Muncul di Raung

Heru Widagdo (bertopi menghadap kamera) saat memantau kebakaran hutan

Jember (beritajatim.com) – Api di lereng Pegunungan Argopuro di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mulai padam. Namun ancaman kebakaran masih membayangi, karena laporan terbaru ada api di kawasan Gunung Raung.

Hal ini dikemukakan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember Heru Widagdo, Kamis (24/10/2019).

“Kemarin api di Argopuro sudah habis. Ganti yang di Raung. Teman-teman masih mengecek. Sepertinya di wilayah Kecamatan Ledokombo,” katanya.

Menurut Heru, api di kawasan Raung yang masuk wilayah Jember tidak terlalu besar. “Yang besar di Kalibaru, Banyuwangi,” katanya.

Namun kendati api itu tak terlalu besar, BPBD terus memantau situasi dan kondisi di sana. “Beberapa hari lalu di wilayah Kecamatan Silo sebenarnya (api) sudah mulai ditemukan. Tapi kok tidak ada laporan lebih lanjut. Mungkin apinya kecil,” kata Heru.

Pemantauan kebakaran di Raung dilakukan pegiat kebencanaan setempat. Di sana tidak ada pos pantau khusus. Pemantauan dilakukan dari rumah penduduk. “Saya berkomunikasi dengan warga di sana,” kata Heru.

Sementara itu, untuk kondisi terbaru Gunung Argopuro, BPBD Jember menanti hasil pemantauan satelit Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). “Begitu ada titik api biasanya dikomunikasikan teman-teman provinsi. Teman-teman kami sendiri, sekitar sembilan orang dari pegiat kebencanaan, masih di daerah atas Rayap, Arjasa, melakukan pemantauan” kata Heru. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar