Peristiwa

Antisipasi Kemacetan Grebeg Suro, Dishub Ponorogo Lakukan Pemetaan Kantong Parkir

Pertigaan Ngepos sering terjadi penumpukan massa yang melihat kirab pusaka. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Perayaan Grebeg Suro kurang sebulan lagi. Semua organisasi perangkat daerah (OPD) menyiapkan segala sesuatunya supaya event yang dua tahun terakhir tidak diakan itu bisa berjalan lancar dan sukses. Salah satunya yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ponorogo. OPD yang berkantor di Jalan Halim Perdanakusuma itu melakukan pemetaan untuk kantong-kantong parkir.

“Permasalahan utama kalau ada event besar itu adalah lahan parkir. Jauh-jauh hari kita lakukan pemetaan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Angkutan Lalu-Lintas Jalan Dishub Kabupaten Ponorogo, Erry Setyoso Birowo, Rabu (6/7/2022).

Menentukan lokasi kantong parkir di kawasan kota jauh-jauh hari harus dilakukan. Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan yang muncul akibat event Grebeg Suro. Salah satunya yang menyedot massa banyak adalah rangkaian kegiatan kirab pusaka.

Bahkan jika situasi nanti tidak memungkinkan ruas jalan bukan untuk kantong parkir terpaksa kita gunakan untuk kantong parkir. “Pemetaan kantor parkir ini, kita lakukan dengan menggunakan drone. Dengan begitu, bisa diketahui lokasi mana saja yang rawan macet dan penentuan kantong parkir,” ungkapnya.

Dari pantauan awal dengan menggunakan drone itu, ada beberapa tempat yang dapat digunakan untuk alternatif kantong parkir. Baik untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Yakni ada 10 kantor parkir di Pasar Eks Stasiun.

Kemudian di Jalan Haji Oemar Said (HOS) Cokroaminoto ada di UPT Sanggar Kegiatan Belajar SKB dan di depan Minimarket Surya. Selain itu juga ada di pelataran Pasar Lanang. “Pelan-pelan akan kita urai, semoga saat waktunya tiba tidak ada kemacetan yang berarti,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar