Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Antisipasi Kebakaran, Rutan Banjarsari Gresik Perbaiki Instalasi Listrik

Gresik (beritajatim.com) – Kebakaran menimpa Lapas Tangerang dan menewaskan 41 orang. Berkaca dari peristiwa itu, rumah tahanan (Rutan) kelas IIB Banjarsari Cerme, Gresik berbenah dengan memperbaiki instalasi listrik.

Perbaikan instalasi listrik ini sebagai langkah pencegahan serta mengantisipasinya terjadinya kebakaran akibat konsleting listrik.

Kepala Rutan Banjarsari Cerme Aris Sakuriyadi menuturkan, perbaikan instalasi listrik ini sebagai pencegahan dini serta meminimalisir terjadinya konsleting listrik.

“Kondisi jaringan listrik di dalam rutan banyak perbaikan jangan sampai ada arus pendek yang menyebabkan terjadinya kebakaran,” tuturnya, Jumat (24/09/2021).

Masih menurut Aris, jaringan listrik saat ini sudah banyak alih fungsi karena pencurian liar dalam pemakaian listrik oleh warga binaan.

“Perbaikan ini menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM JAwa Timur No : W15.PK.02.04.01 – 572 Tanggal 10 September 2021 perihal Pemeriksaan Pemasangan, dan Penggunaan Listrik di Lapas dan Rutan dan peristiwa kebakaran di Lapas Tangerang,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga menggandeng konsultan listrik untuk melakukan pengecekan instalasi listrik di dalam rutan.

“Berdasarkan hasil pengecekan, kondisi instalasi Rutan Gresik perlu adanya perbaikan karena sebagian mcb/panel mendapatkan beban yang tidak sesuai dengan kebutuhan, dan sebagian kabel induk perlu diganti ukuran yang lebih besar untuk mencegah terjadinya konsleting,” imbuhnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar