Peristiwa

Antisipasi Karhutla, Ini yang Dilakukan Polda Jatim

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat membuka Latgab di Waduk Bening Widas, Saradan, Kabupaten Madiun, Rabu (7/4/2021). [Foto/Bidhumas Polda Jatim untuk beritajatim.com]

Madiun (beritajatim.com) – Untuk mengantisipasi potensi bencana alam di wilayah Jawa Timur, Polda Jatim menggelar latihan gabungan (Latgab) Search And Rescue (SAR), serta penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih personel TNI-Polri dan pemerintah daerah agar lebih siap dalam menghadapi situasi bencana. Baik kebakaran lahan atau hutan, maupun bencana lainnya,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat membuka Latgab di Waduk Bening Widas, Saradan, Kabupaten Madiun, Rabu (7/4/2021).

Ia menambahkan, pemahaman terkait kebencanaan ini patut dipelajari oleh seluruh elemen masyarakat. Sehingga, ketika terjadi peristiwa bencana, semua dapat mengambil peran untuk melakukan langkah-langkah penanganan yang strategis.

“Terutama dalam menghadapi situasi bencana. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan seluruh peserta bisa memiliki keterampilan khusus dan selalu siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana,” jelasnya.

Upaya meningkatkan pemahaman terhadap kebencanaan ini diikuti oleh 110 personel dari TNI-Polri, BPBD, dan Dinas Kehutanan di wilayah Kabupaten/Kota Madiun dan Kabupaten Nganjuk.

Melalui kegiatan ini, Nico berharap dapat meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintah daerah. “Saya mengajak semua pihak untuk selalu mempererat tali silaturahmi, perkuat sinergitas yang baik,” tutupnya. [asg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar