Peristiwa

Antisipasi Kali Lamong Meluap Lagi, BPBD Gresik Siagakan Mobil Amphibi Anti Banjir

Gresik (beritajatim.com) – Guna mengantisipasi Kali Lamong meluap lagi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, mensiagakan mobil amphibi anti banjir.

Mobil dengan ketinggian 2,5 meter serta memiliki 2.600 cc itu, konon hanya BPBD Gresik satu-satunya yang memiliki. Mobil bermerek Triton tersebut didesain untuk bergerak di daerah banjir dengan kedalaman air 1,2 meter serta bisa melaju di area berlumpur.

Selain itu, mobil ini dapat digunakan untuk mengevakuasi korban hingga 9 orang dan dilengkapi dengan berbagai sarana. Diantaranya APAR, alat selam, pelampung, gergaji mesin dan lain-lain. “Mobil amphibi anti banjir itu, mulai saat ini sudah diluncurkan ke daerah yang kerap kali terkena dampak banjir,” ujar Kepala BPBD Tarso Soegito kepada beritajatim.com, Jumat (3/01/2020).

Sesuai dengan spesifikasinya, mobil amphibi anti banjir milik BPBD Gresik juga bisa mengangkut logistik kepada korban banjir. “Mobil ini memang spesifikasi sekali karena bentuknya mirip dengan kendaraan tempur milik pasukan khas (Paskhas) TNI AU yang dikhususkan buat medan berat maupun banjir,” ungkap Tarso. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar