Peristiwa

Antisipasi Bencana di 2020, Semua Elemen di Ponorogo Siap Siaga

Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto melihat perahu yang disiapkan untuk evakuasi jika terjadi bencana. (Foto: Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kodim 0802 Ponorogo sudah menyiapkan personelnya, jika suatu saat terjadi bencana di bumi reyog ini. Setidaknya 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) disiagakan. Selain itu ditiap Koramil juga didirikan posko bantuan.

”Ini sebagai bentuk tindak lanjut perintah Gubernur Jawa Timur dalam rangka antisipasi bencana hidrometeorologi 2020,” kata Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Sigit Sugiharto, usai acara apel bersama gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana hidrometeorologi di wilayab Kabupaten Ponorogo, Kamis (9/1/2019).

Pendirian posko ditiap-tiap Koramil dimaksudkan seandainya sewaktu-waktu terjadi bencana ditempatnya, selalu siap dan tanggap. Selain itu Kodim 0803/Ponorogo juga sudah menyiapkan sarana prasarananya, mulai perahu motor sebanyak 3 unit yang distanbykan di Kecamatan Kota, Sukorejo dan Balong. Juga ada perahu penolong yang terbuat dari papan kayu dan bawahnya tong berguna untuk evakuasi korban banjir. Maksimal bisa mengangkut 10 orang.

”Setiap hari kami juga selalu update cuaca dari ramalan BMKG,” katanya.

Sementara itu asisten Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Ponorogo Sumani menyebut bahwa Ponorogo masuk dalam daerah rawan bencana. Dengan apel bersama yang dilakukan ini, untuk menyatukan seluruh elemen, baik itu personel dan peralatan untuk mengantisipasi kebencanaan. Ada beberapa titik yang saat ini dipantau, antara lain di Kecamatan Slahung dan Desa Dayakan di Kecamatan Badegan.

”Desa Banaran yang tahun 2017 terjadi longsor juga masuk dalam pantauan kami,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar