Peristiwa

Antisipasi Banjir Lagi, Kapolres Gresik Dropping Ratusan Ban Dalam ke Warga

Gresik (beritajatim.com) – Guna mengantisipasi meluapnya banjir lagi ke desa yang terdampak banjir. Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo melakukan dropping ratusan ban dalam mobil ke sejumlah desa yang menjadi langganan banjir seperti di Desa Iker-Iker Geger Kecamatan Cerme, Gresik,.

Ban dalam mobil tersebut, dimaksudkan untuk menyelamatkan diri saat petugas belum datang, ketika secara tiba-tiba banjir datang melanda.

“Tahap awal ada 100 ban dalam yang dibagikan, dan standby di poskamling,” ujarnya usai Sosialisasi Penanggulangan Bencana Banjir di Desa Iker-Iker Geger,  Minggu (6/01/2020).

Selain melakukan dropping ban dalam. Polres Gresik beserta jajaran Kodim 0817 serta BPBD Gresik juga memasang tali tambang, patok rute evakuasi, serta kentongan yang ditempatkan di poskamling.

“Keempat piranti itu kami sosialisasikan ke ke warga sebagai antisipasi tanggap darurat terhadap bencana banjir,” tutur Kusworo.

Tujuan dipasangnya patok rute evakuasi, dan tali tambang itu lanjut Kusworo, saat kejadian banjir warga yang melintas bisa mengetahui mana batas parit dan jalan. Pasalnya, arus air yang meluap di Desa Iker-Iker Geger saat banjir sangat deras. Sementara kentongan yang dipasang di pos kamling bertujuan memberi tanda bahaya datangnya banjir.

“Semua yang kami sosialisasikan itu untuk meminimalisir korban jiwa. Sebab, cuaca semakin ekstrim, dan banjir sewaktu-waktu bisa datang dalam hitungan menit,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Iker-Iker Geger Kristiono mengatakan, sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi warganya. Sebab, saat Kali Lamong meluap desanya selalu menjadi langganan banjir.

“Tahun lalu desa kami saat banjir meluapnya bisa mencapai 1,5 meter. Bahkan, di ujung desa airnya bisa mencapai 2 meter karena datarannya lebih rendah dari anak sungai Kali Lamong. Adanya dropping ban dalam, serta pemasangan patok rute evakuasi dan pemasangan tali tambang saat membantu warga saat banjir meluap,” pungkasnya. (dny/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar