Peristiwa

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, DPUBM SDA Sidoarjo Bongkar Bangli di Kali Reformasi

Sidoarjo (beritajatim.com) – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBM SDA) Sidoarjo membongkar bangunan liar (bangli) yang berdiri di atas Kali Reformasi di wilayah Desa Tambak Rejo dan Tambak Sawah, Kecamatan Waru, Selasa (10/12/2019).

Pembongkaran yang dilakukan untuk menghadapi musim penghujan agar arus air lancar dan banjir yang terjadi setiap tahun bisa diatasi. Tiga alat berat milik Dinas PUBM SDA Sidoarjo dan beberapa truk dikerahkan pada pembongkaran dan pembersihan kali ini.

Sebanyak 200 personil gabungan yang terdiri Kodim Sidoarjo, Polresta Sidoarjo, dan Satpol PP disiagakan untuk membantu pengamanan.

Pj Kepala Desa Tambak Sawah, Yani Darusman mengatakan normalisasi serta pembongkaran akan dilaksanakan hingga rumah pompa Desa Tambak Rejo. “Kemungkinan akan berlangsung hingga seminggu ke depan. Jadi setelah bangunan dibongkar maka akan segera dilakukan pengangkatan kotoran yang ada di kali tersebut,” ucapnya.

Dia menjelaskan, ada sekitar 8 bangunan milik warga desa Tambak Sawah dan 40 bangunan milik warga desa Tambak Rejo yang berdiri di atas kali Reformasi harus dilakukan pembongkaran. “Kita lakukan sosialisasi kepada warga sebelum pembongkaran, yang kemudian diberikan tanda silang beberapa bangunan yang melanggar dan kita meminta warga membongkar sendiri bangunannya yang berdiri di sepadan kali,” tandasnya. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar