Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Anti-Mainstream, Toko Ini Tawarkan Produk dengan Konsep Kotoran

Surabaya (beritajatim.com) – Terletak di Yokohama, Jepang, Unco Shop mengkhususkan diri dalam memproduksi dan menjual pakaian bertema kotoran seperti T-shirt dan sepatu kets, perhiasan, aksesori, dan lainnya. Pakaian dan aksesoris bertema kotoran bukanlah hal yang aneh di toko-toko suvenir, tetapi apakah ada toko Jepang yang hanya menjual produk semacam ini?

Dinamakan setelah kata Jepang untuk kotoran, ‘unco’, tempat unik ini terletak di Seya Ward, sebuah distrik industri di Yokohama. Unco Inc., perusahaan di balik Unco Shop menjual lebih dari 400 produk bertema kotoran, dan populer di kalangan influencer dan selebritas di negara Asia, tetapi hanya sedikit yang tahu bahwa proyek ini dimulai sebagai hobi sederhana.

“Saya ingin membuat kotoran menjadi sesuatu yang lucu, tidak kotor,” kata Akihiko Nobata, pendiri Unco Shop, kepada surat kabar Yomiuri Shimbun.


Nobata telah mengoperasikan perusahaan untuk pakaian pria kelas atas di Seya Ward, tetapi dia juga membuat kaos bertema kotoran untuk bersenang-senang, dan memberikannya kepada keluarga dan teman. Pada satu titik, dia mengajukan merek dagang untuk desain kotoran yang melingkar, dan dia tiba-tiba mendapatkannya pada tahun 2014. Pengusaha Jepang itu menganggap momen ini sebagai awal yang sebenarnya dari bisnisnya.

Termotivasi oleh kemungkinan mengubah hobinya menjadi merek yang sebenarnya, Akihiko Nobata mulai mengerjakan berbagai t-shirt yang menampilkan desain merek dagangnya dan memposting beberapa di antaranya di toko online besar. Tidak lama kemudian dia dihubungi oleh pelanggan yang antusias yang menyukai pakaiannya yang tidak bertema dan ingin tahu apakah mereka datang dalam warna lain.

Begitu dia datang ke bar, Akihiko Nobata dikelilingi oleh orang asing yang bersemangat, beberapa di antaranya mengenakan t-shirt yang dia kirimkan kepada penggemarnya. Mereka mengharapkan “Presiden Kotoran”, dan ingin menyambutnya secara langsung. Pada saat inilah Nobat tahu desainnya bisa menjadi tulang punggung bisnis yang serius.

Pada tahun 2017, Nobata mengambil lompatan keyakinan dan mengubah nama perusahaannya menjadi Unco Inc., menghentikan strategi bisnis lamanya untuk menjual pakaian dan aksesoris bertema kotoran. Dalam waktu beberapa bulan, ia mulai menjual produk-produk bertema kotorannya secara online, menarik pelanggan terkenal seperti tokoh TV Akemi Darenogare dan pengisi suara Toru Furuya, yang memamerkan beberapa barang unco mereka di media sosial.

Tahun lalu, Unco Shop membuka pintunya di Yokohama. Ini adalah ruang yang benar-benar unik yang dipenuhi dengan ratusan produk bertema kotoran, mulai dari pakaian hingga aksesori. Bahkan memiliki buku tamu yang diisi dengan gambar kotoran lucu oleh pelanggan, catatan universalitas kotoran.

“Orang-orang dari setiap negara menggambar kotoran melingkar dan terkikik ketika menggambarnya. Ini melampaui bahasa dan budaya dan menciptakan tawa universal,” kata Nobata.


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev