Peristiwa

Ansor Jombang Berbagi di Tengah Pandemi

Ketua Ansor Jombang H Zulfikar Damam Ikhwanto (seragam putih kombinasi hijau) saat menyerahkan bantuan sembako kepada anggota Banser, Kamis (23/4/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Membangun solidaritas sosial adalah satu hal yang sangat diperlukan dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Dengan begitu, warga yang terdampak wabah tetap bisa optimis menatap kehidupan.

Hal itu diungkapkan Ketua PC GP Ansor Jombang H Zulfikar Damam Ikhwanto saat menyerahkan paket sembako kepada anggota Banser di Desa Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kamis (23/4/2020). “Semoga bantuan paket sembako ini bisa meringankan beban sahabat Banser di tengah pandemi,” ujar Gus Antok, panggilan akrab Zulfikar Damam Ikhwanto.

Dalam kesempatan itu, puluhan anggota Banser berbaris rapi di jalan desa. Sesuai protokol kesehatan, mereka berbaris dengan jarak satu meter. Para benteng ulama tersebut juga mengenakan masker. Seragam motif doreng membalut tubuh mereka.

Sebelum menyerahkan secara simbolis, Gus Antok memberikan pengarahan kepada anggotanya. Terutama tentang pentingnya memutus rantai penyebaran virus corona. Di antaranya, rajin cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, kemudian menjaga jarak, serta tidak keluar rumah jika memang tidak ada urusan penting.

Gus Antok mengungkapkan, dampak corona sudah menghantam berbagai sektor. Dari ranah kesehatan menggelinding ke sektor ekonomi. Kondisi tersebut secara otomatis membuat sektor ekonomi terpuruk. Anggota Banser adalah salah satu yang terkena dampak tersebut.

“Kebanyakan sahabat-sahabat Banser ini bekerja di sektor informal. Semisal, bekerja sebagai pedagang. Mereka semua terdampak. Makanya hari ini kita memberikan bantuan sembako kepada mereka. Ini pentingnya menghidupkan solidaritas sosial dalam situasi pandemi,” ujarnya.

Ketua Ansor Jombang H Zulfikar Damam Ikhwanto memberikan pengarahan sebelum pembagian sembako

Menurut Gus Antok, selain PAC (Pengurus Anak Cabang) Ansor Perak, kegiatan serupa juga sudah dilakukan di PAC Diwek. “Paket sembako ini juga kita berikan untuk marbot masjid/musala. Untuk PAC Perak yang kita bagikan 221 paket sembako (beras dan minyak goreng),” sambungnya.

Gus Antok juga berharap, peran Ansor dan Banser benar-benar hadir dalam menghadang laju penyebaran wabah corona. Walhasil, upaya itu sudah dilakukan. Di antaranya, melakukan penyemprotan cairan disinfektan di masjid/musala serta fasilitas publik lainnya.

“Dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Kita harus bersatu melawan corona. Solidaritas sosial juga harus kita gelorakan. Yang memiliki kelebihan secara ekonomi, harus membantu yang kekurangan,” pungkas Gus Antok. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar