Peristiwa

Angka Laka Lalin 2018 di Pamekasan Meningkat

Kasat Lantas Pamekasan, AKP Didik Sugiarto (tengah) memberikan himbauan kepada salah satu pelajar yang melakukan pelanggaran lalu lintas di salah satu pos pantau.

Pamekasan (beritajatim.com) – Angka kecelakaan lalu lintas atau laka lantas selama 2018 di wilayah hukum Polres Pamekasan, mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 2017 silam.

“Kecelakaan lalu lintas pada 2018 lebih tinggi 23 kejadian dibandingkan tahun sebelumnya. Data di tahun 2017 jumlah kecelakaan sebanyak 257 kejadian, sedangkan 2018 sebanyak 280 kejadian,” kata Kasat Lantas Polres Pamekasan, AKP Didik Sugiarto, Selasa (8/1/2019).

Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 86 orang yang berujung korban meninggal dunia (MD) pada 2017, sebanyak 6 orang mengalami luka berat dan sebanyak 277 orang luka ringan. Sedangkan pada 2018, sebanyak 93 orang MD, dua orang luka berat dan 327 orang mengalami luka ringan.

“Peningkatan drastis terjadinya kecelakaan karena pengemudi kurang berhati-hati saat berkendara, bahkan trennya lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya (2017),” ungkap pimpinan yang akrab disapa Pak Didik.

Sedangkan rata-rata kejadian laka lantas terjadi di luar area perkotaan, faktor utama karena kondisi jalan sudah mulus pasca diperbaiki. “Saat ini jalan poros desa sudah diperbaiki, sehingga tidak jarang para pengendara seenaknya menggunakan jalan tanpa memperhatikan kecepatan,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap seluruh masyarakat khususnya para pengendara, baik pengendara roda dua maupun pengendara roda empat agar selalu berhati-hati dan waspada serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Untuk menekan angka lalin ini juga dibutuhkan dukungan dan peran dari semua elemen masyarakat,” harapnya.

“Kami mengimbau masyarakat khususnya pengendara agar selalu mematuhi arus lalin, lengkapi surat kendaraan saat berkendara, gunakan helm SNI atau pasang sabuk pengaman untuk menjaga keselamatan diri. Utamakan keselamatan pribadi maupun orang lain,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar