Peristiwa

Angin Mulai Reda, Pengungsi Kota Batu Dipulangkan ke Rumah

Kondisi Desa Sumber Brantas Pasca Diterjang Angin Puting Beliung.

Malang(beritajatim.com) – Cuaca dan kondisi angin di Desa Sumber Brantas, Kota Batu mulai kondusif atau normal. Sebelumnya, kawasan ini diterjang angin puting beliung hingga membuat ribuan warga desa mengungsi ke posko pengungsian.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan, dengan kondisi yang mulai kondusif. Berdasarkan rapat koordinasi di Posko BPBD bersama Pemkot Batu disepakati pengungsi sejak Selasa sore, (22/10/2019) dipulangkan ke rumah masing-masing.

“Cuaca terpantau cerah dengan kondisi angin normal. Dengan mempertimbangkan perkembangan situasi desa Sumberbrantas yang sudah kondusif dan situasi pengungsi yang meminta segera dipulangkan. Hasil koordinasi disepakati untuk melaksanakan pemulangan pengungsi sore hari ini,” kata Rochim.

BPBD saat ini masih mempersiapkan proses pemulangan di masing-masing pos pengungsian sambil menunggu kedatangan kendaraan untuk pemulangan. Para pengungsi ini berasal dari Desa Sumberbrantas, Desa Gunungsari dan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji.

Selain itu, Rochim mengungkapkan kondisi jalan raya di tiga desa saat ini sudah bersih dari material pohon tumbang. Kebutuhan air bersih sudah tercover dengan baik, kondisi jaringan listrik sudah pulih sekitar 90 persen dan kondisi jaringan seluler dan telekomunikasi sudah pulih sekitar 90 persen.

“Diperkirakan besok kondisi jaringan listrik dan komunikasi sudah pulih sepenuhnya. Secara umum kondisi di Desa Sumberbrantas sudah mulai kondusif. Tim kami sedang melakukan pendataan jumlah kerugian material dari dampak bencana angin kencang,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar