Peristiwa

Angin Kencang, 4 Rumah di Mojokerto Rusak

Hujan deras disertai angin kencang menyumbang pohon dan merusak rumah warga di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto, Rabu (29/1/2020) petang. Akibatnya, sejumlah pohon dan empat rumah rusak di tiga desa di Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hujan disertai angin Kencang dengan kecepatan 30 knot (60 km/jam) terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto selama kurang lebih satu jam.

“Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan kerusakan rumah di Desa Karang Kedawang, Sambiroto dan Ngingasrembyong. Sejumlah pohon dan empat rumah milik warga di Desa Karang Kedawang rusak,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, di Desa Sambiroto sebuah pohon mangga dengan diameter 40 cm tumbang. Di Desa Ngingasrembyong, sebuah pohon sengon dengan diameter 45 cm tumbang dan sebuah pohon jenis trembesi dengan diameter 100 cm di Desa Karang Kedawang juga tumbang.

“Sementara di Desa Karang Kedawang, selain menumbangkan sebuah pohon jenis trembesi tumbang juga mengakibatkan empat rumah rusak. Yakni tiga rumah rusak di bagian atap dan satu rumah rusak di bagian pagar. TRC BPBD Kabupaten Mojokerto melakukan assesment dan kaji cepat,” ujarnya.

Untuk penangganan darurat rumah terdampak diberikan bantuan terpal. Sementara pohon tumbang dievakuasi agar lalu-lintas lancar. Pihaknya berharap, Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turun ke lokasi untuk penangganan pasca bencana. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar