Peristiwa

Anggota Polisi Bersihkan Saluran Air di Gedangan Sidoarjo Viral

Sidoarjo (beritajatim.com) -Anggota Satlantas Polresta Sidoarjo yang sedang membersihkan saluran air untuk membuang genangan air di utara Traffic Light (TL) Maspion II Sidoarjo di jalur Surabaya menuju Sidoarjo menjadi viral.

Polisi itu harus rela membungkuk, berdiri  mondar-mandir jalan ke balik besi pembatas jalan dengan jalur rel kereta api (KA) untuk membersihkan sampah dedaunan dan lainnya untuk memperlancar aliran air yang menggenang di atas aspal sampai bahu jalan, supaya surut.

Kanit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo AKP Sugeng Sulistiyono yang berada di lokasi mengatakan, air yang menggenang mengakibatkan pengguna jalan terganggu dan sedikit mengakibatkan kemacetan arus lalulintas.

“Pengendara yang berhenti saat lampu merah menumpuk menghindari genangan air,” katanya Selasa (4/2/2020).

Disaat lampu TL sudah menandakan hijau atau jalan, pengendara yang melintas juga pelan-pelan karena tidak mengetahui kondisi jalan aspal karena tertutup air.

“Jalur sebelah kiri yang tergenang untuk lajur kendaraan yang akan belok kiri tidak mengikuti lampu, alias boleh terus menuju Jalan Lingkar Timur,” tandas Sugeng.

Mantan Kanit Lantas Polsek Waru itu menambahkan, yang dilakukan anggota Satlantas Polresta Sidoarjo itu bagian dari melayani masyarakat agar pengguna jalan tidak terganggu dan arus lalulintas lancar. Apalagi saat pagi hari, jam kerja atau sekolah, sehingga arus lalulintas padat.

“Sesudah hujan saat malam hari atau lainnya, anggota Polantas menyebar untuk melakukan pengaturan arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan. Seperti terjadinya genangan air di jalan, jika ada penyumbatan, diupayakan untuk dibersikan agar air mengalir,” tandasnya.

Pasca genangan air surut, lanjut polisi bertubuh tinggi besar itu, arus lalulintas lancar. Genangan air yang ada, sudah surut dan mengalir di sela-sela saluran bawah rel KA dan sama sekali juga tidak mengganggu jalur rel KA yang ada.(isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar