Peristiwa

Anggota Fraksi PKB Jombang Ikhlaskan Gajinya untuk Penanganan Corona

Penyerahan gaji anggota Fraksi PKB di kantor Lazisnu Jombang, Rabu (1/4/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Pendemi virus corona atau Covid-19 memantik empati anggota Fraksi PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) DPRD Jombang. Atas dasar kemanusiaan, mereka menyumbangkan gajinya untuk penanganan dampak Covid-19 di Kota Santri.

Gaji anggota dewan tersebut diserahkan kepada NU Care-LAZISNU Jombang. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Kantor Lazisnu Jl Gatot Subroto. Para anggota dewan dari PKB hadir dalam acara itu, termasuk Ketua F-PKB Subaidi Muhtar.

Ketua DPC PKB Jombang Muas’ud Zuremi menjelaskan, anggota F-PKB DPRD Jombang sebanyak 10 orang. Mulai bulan ini mereka mengikhlaskan gaji pokoknya disumbangkan untuk penanganan Covid-19 di Jombang. “Hari ini kita serahkan Rp 15 juta kepada Lazisnu,” kata Masud, Rabu (1/4/2020).

Sampaikan kapan sumbangan gaji tersebut dilakukan? Masud mejelaskan, penyerahan gaji tersebut dilakukan mulai bulan ini hingga wabah corona di Jombang selesai. “Potongan gaji itu dikelola Lazisnu Jombang. Gaji tersebut kita serahkan mulai bulan ini hingga selesainya pendemi corona,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Mas’ud, PKB Jombang juga membentuk Gugus Tugas PKB melawan Corona yang diketuai Subaidi Muchtar. Gugus tugas tersebut berfungsi memberikan informasi kepada masyarakat tentang virus corona. Mulai pentingnya cuci tangan, pentingnya melakukan sosial dan physical distancing, serta memberikan bantuan cairan disinfektan kepada masyarakat.

“Tugas lainnya adalah mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan wabah corona. Karena kita ketahui bersama, sektor informal sangat merasakan dampak ekonomi ini. Mulai pedagangan kaki lima, pedagang di sekolah, hingga warung-warung. Mereka tidak bisa berjualan. Nah, kami bekerjasama dengan Lazisnu untuk mengatasi masalah tersebut,” sambungnya.

Ketua PC NU Care-LAZISNU Jombang Ahmad Zainudin menyampaikan terima kasih atas donasi yang diberikan F-PKB. Dia menjelaskan, sampai hari ini pihaknya sudah mendistribusikan 3 ribu liter disinfektan yang disitribusikan ke masyarakat. Kemudian, Lazisnu juga melakukan kordinasi dengan UKM (usaha kecil menengah) untuk pembuatan 24 ribu masker.

“Dalam waktu dua sampai tiga hari ini kami sudah mendistribusikan 3 ribu liter disinfektan ke warga Jombang. Program selanjutnya, kami akan membagikan 24 ribu masker. Ini sebagai upaya untuk penanggulangan corona di Jombang. Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua FKB Jombang. Bantuan ini kami terima dengan tangan terbuka,” ujar Zainudin. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar