Peristiwa

Aneh, Pohon Nangka Warga Babadan Ponorogo Berbuah Durian

Pohon nangka milik Marjuki, warga Desa Purwosari, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) –¬† Ada hal unik terjadi di Ponorogo. Ya, sebuah pohon nangka milik warga, berbuah durian. Sontak kejadian ini pun menjadi heboh warga sekitar. Mereka penasaran adanya satu buah durian yang berada diantara puluhan buah nangka.

Pemilik pertama kali melihatnya pun kaget. Sebab dirinya juga merasa tidak melakukan persilangan atau stek terhadap pohon nangkanya tersebut.

 

Keadaan tak lazim tersebut terjadi pada pohon nangka milik Marjuki, warga Desa Purwosari, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Pohon nangka yang tumbuh di depan rumahya ini, mendadak menjadi tontonan warga. Lantaran salah satu buahnya menyerupai buah durian. Tidak seperti buah nangka pada umumnya.

“Ya ada buah nangka yang berbentuk aneh, memiliki kulit berduri besar-besar layaknya buah durian,” kata Marjuki, Minggu (4/7/2021).

Satu buah itu bentuknya cenderung bulat, tidak seperti buah nangka biasanya. Meski berbentuk durian, tetapi saat dicium tidak ada aroma durian dalam buah tersebut. Menurut Marjuki, buah nangka berbentuk aneh ini awalnya tidak terlihat saat dirinya memetik beberapa buah nangka untuk dibagi-bagikan. Namun, mendadak buah ini muncul dengan bentuk yang tidak biasa. Letaknya disebelah nangka yang sudah besar.

Pohon nangka milik Marjuki, warga Desa Purwosari, Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

“Waktu memanjat pohon untuk mengambil beberapa buah nangka, masih belum ada. Tapi tahu-tahu ada dengan bentuk aneh kayak buah durian,” katanya.

Karena penasaran, Marjuki pun berencana membiarkan buah nangka yang berbentuk durian itu hingga matang. Pohon nangka yang berusia belasan tahun ini, setiap tahun berbuah lebat. Ia pun selalu membagikan buah-buah nangka kepada warga sekitar yang membutuhkan.

“Kadang juga ada warga yang memetik sendiri. Biasanya buah nangka muda yang dipetik, untuk dijadikan sayur,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar