Peristiwa

Anang Sarankan Pemkab Jember Libatkan Kiai untuk Sosialisasi Karantina Wilayah

Jember (beritajatim.com) – Anang Hermansyah, artis dan mantan legislator DPR RI dari Kabupaten Jember, Jawa Timur, setuju jika kota kelahirannya dikarantina sementara waktu untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pemkab Jember diminta melibatkan para kiai untuk sosialisasi.

“Di Jember kan takutnya sama kiai. Kalau kiai ngomong: ‘sudahlah, ayo wiridan, Allah pasti bersama kita’. Wong Jember wiridan. Ayo taruhan. Wistalah, kiai yang punya pengaruh kuat, dimintai fatwanya, ayo kita ngomong tindakan Jember seperti ini,” kata Anang.

Anang meminta Pemerintah Kabupaten Jember mengantisipasi kedatangan warga dari kota-kota besar yang pulang kampung. “Setidaknya kita sudah mulai melakukan tindakan tegas. Kalau itu berhasil, orang kesadarannya akan timbul. Kalau itu tak dilakukan hari ini, kesadarannya kapan timbul?” katanya.

Namun karantina wilayah ini harus dipersiapkan benar dengan melibatkan berbagai pihak yang berkompeten secara keilmuan dan kewenangan. “Ojo sembarangan. Karena dalam perjalanannya, bukan corona lagi, tapi ketahanan pangan kita. Jadi dihitung betul,” kata Anang.

Anang meminta pemerintah dan tokoh masyarakat duduk bersama untuk menyerukan kepada warga Jember di perantauan agar tak pulang kampung dulu. Bahkan jika perlu, lanjutnya, warga di perantauan diminta membantu biaya hidup untuk warga di Jember selama masa karantina wilayah. “Siap pasti. Tidak mungkin tidak. Asal pemerintah daerah, tokoh masyarakat, ulama, akademisi duduk bersama, merumuskan dan itu disampaikan kepada publik,” katanya. Namun proses pengambilan keputusan untuk karantina wilayah harus dilakukan secara transparan. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar