Peristiwa

Berbagi di Tengah Pandemi

Ambil Seperlunya, Sumbang Semampunya

Jombang (beritajatim.com) – Tulisan di atas kertas berbunyi ambil seperlunya, sumbang semampunya tertempel di rak warna putih berisi aneka sayuran. Rak sayur tersebut mejeng di pinggir Jl Halmahera Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Seminggu sebelumnya, rak sayuran itu belum ada. Namun dua hari terakhir ini kehadirannya banyak menyita perhatian pengguna jalan. Maklum saja, aneka sayuran yang berada di rak plastik tersebut tidak untuk dijual. Namun setiap orang bisa mengambilnya secara gratis.

Hal itu pula yang dilakukan seorang perempuan berkerudung merah muda. Dia mendatangi rak di tepi jalan itu kemudian mengambil aneka sayuran. Pada rak bagian atas terdapat beberapa butir telur ayam yang dibungkus plastik. Ada juga kubis, cabai, serta wortel.

Di bawahnya, ada setumpuk daun pandan, daun salam, serta belasan plastik kunyit putih. Semua yang ada di rak tersebut bisa diambil secara gratis oleh warga. Itulah semangat berbagi di tengah pandemi Covid-19 yang ada di Kelurahan Kaliwungu.

Ide itu muncul dari Rudi Hermawan Okto Priyono (40), warga setempat. Dia kemudian menaruh rak warna putih di jalan depan rumahnya. “Baru dua hari saya buka. Alhamdulillah, sudah ada beberapa orang yang memanfaatkan. Yakni, mengambil sayur untuk dimasak,” ujar Okto sembari memamerkan sayuran yang dimaksud.

Okto mengatakan, kebiasaan berbagai itu sebenarnya sudah dilakukan setiap bulan Ramadan. Namun pada Ramadan sebelumnya, yang dibagikan berupa takjil untuk berbuka.

Akan tetapi Ramadan tahun ini berbeda. Karena ibadah tersebut dilakukan di tengah pandemi. Okto kemudian mengganti takjil dengan sayuran.

“Siapa pun bisa mengambil sayuran ini. Begitu juga sebaliknya, siapa pun boleh mengisi sayuran. Dalam kondisi yang serba sulit ini mari kita berbagi. Makanya di rak tersebut ada tulisan ‘ambil secukupnya, sumbang semampunya. Mari kita saling menguatkan,” ujar bapak tiga anak ini. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar