Peristiwa

Alhamdulillah, Jumlah ODP Sumenep Turun

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep merilis data terbaru jumlah dan peta sebaran Covid-19 di wilayah setempat.

Pada Senin (30/03/2020), jumlah Orang Dengan Risiko (ODR) sebanyak 4.630 dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 46 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan terkonfirmasi positif Covid-19 nihil.

“Alhamdulillah jumlah ODP hari ini turun dibanding sebelumnya. Kemarin ODP mencapai 60 orang. Turunnya jumlah ODP itu karena yang sudah melewati masa pemantauan 14 hari tidak lagi kami masukkan, karena mereka tidak ada keluhan dan dinyatakan sehat,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya memperketat kawasan perbatasan dengan mendirikan Posko Covid-19.

“Posko itu gabungan Pemkab, Kepolisian, dan TNI. Di posko itu mereka yang akan masuk ke Sumenep diperiksa kesehatannya, disemprot disinfektan, dan didata. Kalau mereka berasal dari zona merah, maka akan dipantau oleh petugas medis Puskesmas setempat selama 14 hari,” papar Busyro.

Posko tersebut didirikan di wilayah perbatasan, yakni di Kecamatan Pragaan yang merupakan perbatasan Pamekasan, Kecamatan Pasongsongan yang merupakan perbatasan wilayah utara, Kecamatan Kalianget sebagai pintu transportasi laut ke wilayah kepulauan, dan Kecamatan Guluk-guluk yang berbatasan dengan Kecamatan Pakong Pamekasan. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar