Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Alasan Forpop Klarifikasi KONI Pamekasan

Suasana audiensi Forpop bersama KONI Pamekasan di Jl KH Agus Salim, Jum'at (11/9/2021).

Pamekasan (beritajatim.com) – Klarifikasi seputar penjaringan bursa calon ketua KONI Pamekasan, yang dilakukan Forum Pemerhati Olahraga Pamekasan (Forpop) sebagai sebuah bentuk kepedulian terhadap sektor olahraga di daerah setempat.

Terlebih proses penjaringan bursa calon untuk periode 2021/2025 tersebut, dinilai cacat hukum karena melanggar regulasi yang berlaku. Salah satunya bertentangan dengan AD/ART KONI yang menyebut kandidat tidak boleh berstatus rangkap jabatan.

Sementara dalam bursa penjaringan calon Ketua KONI Pamekasan, periode mendatang. Hanya menetapkan satu orang kandidat yang selama ini sudah menjabat sebagai pimpinan KONI dalam dua periode terakhir, yakni HM Loeqman Al-Hakim.

“Untuk proses penjaringan ini, hanya terdapat satu orang yang dinyatakan terdaftar. Itupun untuk periode ketiga setelah dua periode sebelumnya juga menjabat sebagai Ketua KONI Pamekasan,” kata Ketua Forpop, Abdul Hamid, Sabtu (12/9/2021).

Kondisi tersebut memicu beragam persepsi dari banyak kalangan, salah satunya dari Forpop yang menilai banyak kejanggalan dalam tahap penjaringan bursa. “Penjaringan bursa calon ketua KONI Pamekasan ini berlangsung tidak transparan, di mana proses penjaringan hanya diekatahui pimpinan cabor,” ungkapnya.

“Padahal seharusnya, proses penjaringan itu harus diketahui publik dan panitia penjaringan harus menyampaikan hal itu kepada publik dan bukan tertutup. Ini kan jelas mencederai asas demokrasi, bahkan juga bisa terjadi monopoli politik dan bertentangan dengan AD/ART,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan KONI Pamekasan, Abd Razak akan menyampaikan aspirasi Forpop pada Musyawarah Cabang (Muscab) KONI Pamekasan. “Aspirasi teman-teman menjadi catatan dan akan disampaikan kepada panitia terkait merangkap jabatan,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) KONI Pamekasan, diagendakan digelar pada Selasa (14/9/2021) mendatang. Sementara kandidat ketua baru hanya ternyata atas nama HM Loeqman Al-Hakim. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar