Peristiwa

Aksi Heroik Petugas Damkar, Gendong Korban dari Kepungan Api di Rumah Jalan Ais Nasution

Surabaya (beritajatim.com) – Aksi heroik dilakukan petugas pemadam kebakaran saat menyelamatkan lima orang yang terjebak api di rumah Jalan Ais Nasution, Surabaya, Senin (15/2/2021). Aksi heroik itu dilakukan usai petugas menerima laporan kebakaran sekitar pukul 9.30 WIB.

Usai menerima laporan, petugas membawa tiga unit pemadam mendatangi lokasi. Sesampainya di lokasi, petugas melakukan pemadaman dengan sistem kepung api. Dari pemadaman api di ruang tamu, ternyata ada orang yang berteriak minta tolong.

“Selanjutnya petugas melakukan penyemprotan ke area ruang tamu untuk membuka jalan. Setelah terbuka karena api mengecil dan padam di lantai, korban pun satu persatu keluar dan ada yang digendong dua orang kakek dan nenek,” jelas Dedik Irianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya di lokasi kejadian.

Usai berhasil mengevakuasi lima penghuni yang berkumpul di sisi kanan ruang tamu, petugas menanyakan apakah ada penghuni lain. Ternyata tak ada dan proses pemadaman pun dilanjutkan.

Sementara Andre (30) salah satu keluarga korban, saat itu saudaranya menjelaskan bahwa api membakar rumah bagian depan. Kebakaran diduga dari konsleting listrik usai mendengar pompa air menyala. Menurut ingatannya, dalam rumah tersebut ada kakek, nenek, anak dan dua cucunya. Mereka merupakan satu keluarga tiga generasi yang selamat dalam insiden kebakaran.

“Kemudian terlihat api dari ruang toko balon atau perlatan pesta. Kemudian api menjalar ke ruang tamu dan pihak keluarga sudah berkumpul di lorong ruang tamu. Puji Tuhan selamat semua,” katanya.

Lima orang korban hanya mengalami luka bakar kecil di kakinya. Tak ada korban jiwa dan pemadaman sudah selesai. Meski demikian, petugas inavis melakukan olah tempat kejadian untuk mencari penyebab kebakaran.

Para petugas memeriksa dan mengambil gambar kotak panel listrik dan barang bukti kabel terbakar. Belum dijelaskan secara pasti oleh petugas kepolisian karena kasus ini masih dalam proses penyelidikan.(man/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar