Peristiwa

Bantu Warga Terdampak Kekeringan

AJP dan Master Max Community Distribusikan Air Bersih

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah wartawan Pamekasan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP), bersama komunitas motor Master Max Community membagikan air bersih gratis bagi warga terdampak kekeringan di Kecamatan Tlanakan, Minggu (13/9/2020).

Pendistribusian tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian yang direalisasikan melalui aksi sosial, khususnya bagi masyarakat yang berada di titik kekeringan akibat musim kemarau. Salah satunya di kecamatan Tlanakan, yang notabene terdata sebagai wilayah terdampak kekeringan di Pamekasan.

“Untuk proses pendistribusian air bersih ini, kita bagikan sebanyak empat tangki air gratis bagi warga terdampak kekeringan. Masing-masing dua tangki di Desa Larangan Tokol, dan dua tangki lainnya di Desa Branta Pesisir,” kata Ketua AJP, Miftahol Arifin.

Lebih lanjut disampaikan, pendistribusian air bersih tersebut merupakan hasil sumbangsih dari pengurus organisasi yang dipimpinnya bekerjasama dengan salah satu komunitas pecinta motor di Pamekasan. “Air bersih gratis ini merupakan hasil patungan dan kas organisasi, sekaligus sumbangsih dari komunitas Master Max,” ungkapnya.

AJP bersama Master Max Community distribusikan air bersih gratis bagi warga terdampak kekeringan di kecamatan Tlanakan, Minggu (13/9/2020).

“Melalui kegiatan ini kami berharap dapat meringankan beban masyarakat, khususnya mereka yang berada di wilayah kekeringan di Pamekasan. Sehingga kami harapkan bantuan yang tidak seberapa ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Berdasar data yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, terdapat sebanyak 311 dusun di 77 desa yang tersebar di 11 kecamatan berbeda di wilayah setempat, tercatat sebagai wilayah kekeringan akibat musim kemarau yang mulai terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Dari total 11 kecamatan terdampak kekeringan, terdata hanya dua kecamatan berbeda yang dinyatakan aman dari kekeringan di Pamekasan. Dua kecamatan tersebut yaitu kecamatan Pakong, serta kecamatan Pamekasan (Kota). Sedangkan kecamatan sisanya dinyatakan terdampak.

Guna mengantisipasi sekaligus menanggulangi kekeringan, pemkab Pamekasan mulai menerjukan sejumlah personil untuk mendisteibusikan air bersih gratis ke wilayah terdampak kekeringan. Hal tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1, Senin (7/9/2020) lalu.

Selain itu, pemkab setempat juga melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi dan mengatasi bencana kekeringan akibat kemarau. Salah satunya dengan menyiapkan sejumlah sumor bor yang disebar di berbagai kecamatan di wilayah setempat. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar