Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Air Sungai di Sambiroto Mojokerto Berubah Biru Langit

Kondisi sungai di Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto yang berubah warna biru. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Warga yang melintas di Desa Sambiroto, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto terkejut dengan warna air sungai menjadi biru langit. Namun fenomena berubahnya warna sungai tersebut tidak berlangsung lama.

Salah satu warga, Aden mengatakan, ia mengetahui warna sungai yang ada di samping rumahnya berubah biru langit setelah ramai warga. “Jam 15.55 WIB, tiba-tiba warga ramai di sungai sehingga saya keluar rumah untuk melihat sungai. Benar, warnanya biru pekat,” ungkapnya, Sabtu (12/3/2022).

Masih kata Aden, berubahnya warna sungai tersebut menjadi perhatian warga. Warga langsung mendatangi sungai yang melintas di desa mereka tersebut. Warga tidak mengetahui penyebab air sungai tersebut berubah warna biru langit.

“Tidak tahu, karena ini baru pertama seperti ini. Aliran sungai ini dari arah selatan, kalau di sini di sepanjang aliran sungai tidak ada pabrik atau yang diduga limbah masuk ke sungai. Air sungai berubah warna biru langit tapi tidak bau, tidak ada ikan yang mati juga,” katanya.

Warga juga tidak ada yang mengeluh akibat berubahnya warna air sungai. Namun tidak lama, masih kata Aden, air sungai kembali seperti warna sebelumnya. Tak lama, Kepala Desa (Kades) Sambiroto bersama Kapolsek Sooko datang ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

Kades Sambiroto dan Kapolsek Sooko mengecek langsung kondisi sungai yang berubah warna biru langit di Desa Sambiroto. [Foto:ist]
Kepala Desa (Kades) Sambiroto, Achmad Farid mengatakan, jika ia mendapatkan laporan dari warga jika warna air sungai yang melintasi Desa Sambiroto berubah biru langi sekira pukul 15.15 WIB. “Saya datang bersama Pak Kapolsek jam 16.15 WIB, warna air sungai kembali seperti semula,” ujarnya.

Pihaknya juga tidak mengetahui penyebab air sungai berubah warna biru langit. Masih kata Kades, aliran sungai tersebut dari arah selatan atau dari Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Warna air sungai berubah biru langit sepanjang 1 km.

“Iya tidak ada pabrik di sepanjang aliran sungai ini. Ada pabrik di sisi selatan, pabrik krupuk tapi punya pembuangan limbah sendiri dan meski ada kali kecil di sekitar pabrik, alirannya tidak ke sungai ini. Cuma berubah warna, tanpa bau dan tidak ada ikan yang mati,” tuturnya.

Menurutnya, ikan di sungai tersebut ada ikan sepat dan gatol. Namun kondisinya tidak ada yang mati. Karena warna air sungai kembali ke warna asal dan warga tidak ada yang mengeluhkan akibat perubahan warna air sungai sehingga pihaknya tidak melaporkan.

“Karena saya juga ke lokasi bersama Pak Kapolsek. Karena sudah kembali ke warna asal, coklat seperti warna air sungai pada umumnya dan tidak ada warga yang mengeluh sehingga tidak sampai dilaporkan. Tapi katanya ada orang DLH tadi datang ambil sampel, hanya saya belum ada pemberitahuan,” pungkasnya. [tin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar