Peristiwa

Agustus 2020, BMKG Prediksi Sampang Dilanda Bencana Kekeringan

Foto ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur. Memperkirakan wilayah Kabupaten Sampang, akan dilanda bencana kekeringan yang jatuh pada Agustus 2020.

Kasi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Moh. Imam menyampaikan, kondisi musim kemarau dan kekeringan diprediksi berbeda dengan tahun lalu.

“Musim kemarau saat ini tidak terlalu panjang, sebab diimbangi oleh hujan. Data dari BMKG disebut kekeringan basah karena cepat masuk turun hujan. Tetapi, yang perlu diantisipasi yakni Agustus berpotensi adanya bencana kekeringan di sejumlah desa,” terangnya, Senin (27/7/2020).

Imam menjelaskan, kondisi gelombang air laut juga diperkirakan mengalami cuaca ekstrem. Karena, selama Agustus gelombang air laut bisa mencapai 1,5 meter.

Selain itu, Imam menyebutkan tentang angka kering kritis yakni mencapai 67 desa dan kering langka ada 10 desa yang menyebar di 14 Kecamatan se Kabupaten Sampang.

“Jumlah desa terdampak kekeringan, sementara mencapai 98. Namun, kami terus melakukan koordinasi dengan Kecamatan,” tandasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar