Iklan Banner Sukun
Gaya Hidup, Peristiwa

Ada Pagar Membentuk Pola Halaman Candi di Struktur Batu Bata Temuan Warga di Mojokerto

Mojokerto (Beritajatim.com) – Diduga temuan struktur batu bata di Dusun Kedawung, Desa Gemekan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain temuan tersebut, di sisi barat sebelah utara juga ditemukan struktur diduga pagar.

“Kita dapatkan juga struktur membentuk seperti pagar, dengan ketebalan kurang lebih 57 sampai 60 cm. Saat ini yang kita ketahui itu, di sisi barat sebelah utara maupun barat sisi sebelah selatan untuk timur kami belum dapatkan,” ungkap Pamong Budaya Ahli Muda BPCB Jatim, Muhammad Ichwan, Selasa (28/9/2021).

Diduga penemuan struktur batu bata merah tersebut merupakan candi yang dikelilingi oleh pagar membentuk pola halaman. Pagar yang terlihat secara kasat mata memiliki panjang 4,20 meter dan saat ini terlihat empat lapis batu bata dengan ukuran panjang 42 cm, lebar 22 cm dan tebal 8 cm.

“Perlu kajian dan ekskavasi. Dugaan pagar mengelilingi candi. Belum diketahui bentuk sebenarnya arsitekturalnya. Tapi pada umumnya candi dengan pola tersebut hampir sama dengan candi yang ada di Jawa Timur. Kami baru menindaklanjuti penemuan awal,” katanya.

Menurutnya, pihaknya membutuhkan koordinasi dengan stakeholder terkait. Seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mojokerto, perangkat desa dan pemilik lahan. Karena pihaknya masih mendata temuan di lapangan. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar