Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Ada Lowongan PPK di Ponorogo, Ini Besar Gajinya

Komisioner KPU Ponorogo R. Gaguk Ika Prayitna. (Foto/Endra Dwiono/Beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ada 105 lowongan untuk menjadi panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Ponorogo.

Ya, rekrutmen PPK itu, dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo. Di setiap kecamatan di bumi reog, nantinya ada 5 PPK.

“Ada 105 lowongan PPK, dengan rincian di setiap kecamatan ada 5 PPK,” kata salah satu komisioner KPU Kabupaten Ponorogo, R. Gaguk Ika Prayitna, Jumat (25/11/2022).


Gaguk sapaan karib R. Gaguk Ika Prayitna mengungkapkan bahwa gaji PPK sudah ditetapkan oleh KPU RI. Hal tersebut berdasarkan dari keputusan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dimana, untuk honorarium ketua PPK sebesar Rp 2,5 juta per bulan. Sementara untuk anggotanya, gajinya Rp 2,2 juta per bulan.

“Sudah ditetapkan segitu nominal honorariumnya. Namun, untuk jaminan ketenagakerjaan masih direncanakan oleh pimpinan,” katanya.

Untuk diketahui, pendaftaran PPK itu, mulai dibuka tanggal 20 November hingga 29 November 2022. PPK nantinya bertugas sebagai kepanjangan KPU Ponorogo pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 nanti. Peserta rekrutmen yang terpilih nanti, bakal dilantik menjadi PPK pada bulan Januari 2023 mendatang.

“PPK ini, masa jabatannya mulai dilantik bulan Januari 2023 hingga bulan April 2024 mendatang,” katanya.

Lantaran hanya sampai bulan April 2024, PPK rekrutmen tahun ini hanya bertugas pada Pileg saja. Dalam perjalanannya nanti, KPU Ponorogo kembali membuka rekrutmen PPK untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

“Tahun 2024 ada pelaksanaan Pileg dan Pilkada. Nanti personel PPK-nya berbeda. Karena pelaksanaannya berhimpitan, nanti dalam perjalanannya akan ada PPK untuk Pilkada,” katanya.

Gaguk menyebutkan bahwa tidak ada syarat khusus dalam perekrutan PPK. Menurutnya, siapapun boleh melakukan pendaftaran, kecuali bagi TNI dan Polri. Selain itu hanya ada perubahan usia pendaftar, yakni minimal berumur 17 tahun dan maksimal 55 tahun. Namun, untuk lebih jelasnya terkait persyaratan anggota PPK, peserta bisa membuka website resmi KPU Ponorogo.

“Sekarang minimal umur pendaftar 17 tahun dan maksimal yang mendaftar berumur 55 tahun,” ungkap Gaguk.

Yang membedakan perekrutan PPK tahun ini, dengan sebelumnya, kali ini periodeisasinya tidak diatur. Mereka yang telah menjabat sebagai PPK beberapa periode, diperbolehkan lagi untuk mendaftar dalam perekrutan PPK tahun ini. Gaguk menambahkan bahwa aturan baru ini memang berbeda dengan sebelumnya, dulu PPK dibatasi maksimal menjabat 2 periode saja.

“Sekarang tidak dibatasi masa jabatan maksimal 2 periode. PPK yang sudah menjabat beberapa periode diperbolehkan lagi untuk mendaftar,” pungkasnya. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar