Peristiwa

Ada Lapak Berbagi Gratis di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kabupaten Banyuwangi resmi meluncurkan lapak berbagi untuk masyarakat. Tujuannya untuk membantu warga yang terdampak pandemi Covid 19.

Pemda Banyuwangi bekerjasama dengan Artos Kembang Langit. Sebuah kelompok masyarakat yang peduli terhadap kondisi warga Banyuwangi.

“Program Lapak Berbagi bertajuk Teman Peduli Sesama merupakan gerakan sosial untuk bersama-sama bangkit dikondisi pandemi saat ini. Masyarakat Banyuwangi saatnya bergandengan tangan, gotong royong bagi masyarakat yang mampu memberi kepada yang membutuhkan” ujar Ipuk Fiestiandani Azwar Anas Bupati Banyuwangi saat meresmikan Lapak Berbagi TPS (Teman Peduli Sesama), Senin (26/7/2021).

Bupati Ipuk menilai mengatasi pandemi tidak hanya datang dari pemerintah saja. Melainkan, harus berkolaborasi bersama antar semua lapisan baik pemerintah, masyarakat dan berbagai elemen. “Ini (Lapak Berbagi) merupakan salah satu cara untuk berbagi. Ya terutama membantu kesulitan sebagian saudara kita yg terdampak pandemi dan hidup di jalanan,” kata Ipuk.

Lapak berbagi ini, kata Ipuk, bersumber dari anggaran pribadi para karyawan pemda dan para kelompok Artos Kembang Langit ini.

Isinya dari lapak tersebut berupa sedekah harian. Bagi para calon penerima sengaja tidak dibatasi, sehingga siapapun yang membutuhkan bebas mengambilnya. “Lapak Berbagi ini bisa diisi oleh siapa saja yg mau berbagi, dan siapa saja yang butuh bisa mengambilnya. Alhamdulillah juga mendapat support dari komunitas Artos Kembang Langit yang merupakan sanggar buat wadah para pelukis,” jelasnya.

Lapak Berbagi ini juga kolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Diharapkan adanya lapak ini menjadi gaya dan cara baru warga untuk membantu sesama.

Bahkan, lapak awal ini ditempatkan di depan kantor Disbudpar setempat. “Ini cara kita untuk saling peduli, membantu dan berbagi bagi warga yang membutuhkan,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M. Yanuarto Bramuda.

Sementara itu, Ketua Artos Kembang Langit sekaligus penggagas program Imam Maskun mengatakan rencana lapak berbagi ini akan disebar di berbagai titik dia seluruh penjuru Banyuwangi. “Ini adalah lokasi pertama yang secara simbolik diresmikan oleh bupati, rencananya kita akan membuat lapak ini tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Banyuwangi dan akan kita tempatkan di titik strategis yang banyak terdapat masyarakat yang membutuhkan” kata Imam.

Rencananya, Lapak Berbagi ini akan dibuka setiap hari Senin sampai Kamis. Ada petugas yang menjaga agar dalam pelaksanaanya tetap melakukan protokol kesehatan serta mengontrol situasi agar selalu kondusif.

“Kami berharap ini menjadi budaya baru bagi masyarakat Banyuwangi dalam berbagi, dimana masyarakat yang memiliki rejeki berlebih bisa memberikan sebagian hartanya berupa makanan dan minuman siap saji, sembako, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sekolah, serta obat-obatan untuk disalurkan melalui Lapak Berbagi,” pungkasnya. (rin/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar