Peristiwa

Ada Dugaan Pihak Luar PDAM Kota Malang, Penyebab Air Warga Tercemar Solar

Wali Kota Malang, Sutiaji melakukan sidak ke tandon air Wendit milik PDAM Kota Malang karena tercemar solar.

Malang(beritajatim.com) – Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang, Nor Muhlas menduga ada kesengajaan pihak luar yang membuat saluran air ke rumah warga tercemar solar. Dugaan ini berdasarkan hasil analisa dan penyelidikan di internal mereka.

“Karena setelah kami lakukan pemeriksaan internal ternyata bukan dari kami. Yang melakukan ini pengisian solar adalah pihak luar. Bisa saja pihak luar tersebut masuk ke ruangan dengan melompati tembok,” ujar Muhlas, Sabtu, (14/11/2020).

Sebelumnya warga Kota Malang dihebohkan karena saluran air di rumah mereka berbau bahan bakar minyak. Ternyata, diketahui bahwa terjadi kelebihan muatan tangki solar di mesin pompa air tandon Wendit. Tangki solar hanya berkapasitas seribu liter namun diisi 3 ribu liter. Hasilnya, 2 ribu liter solar mengalir ke salah satu pintu air dan menyebabkan air tercemar solar.

“Evaluasi yang kami lakukan semua petugas sudah menjalankan SOP. Maka saya tidak akan berbicara terlalu dalam mengenai SOP. Karena semua prosedur sudah dijalankan,” papar Muhlas.

Muhlas menegaskan, atas insiden ini pihaknya segera membuat laporan ke polisi. Mereka berharap polisi melakukan penyidikan dan mengungkap pelaku yang membuat aliran air pelanggan PDAM tercemar solar. Selain itu, untuk meningkatkan keamanan mereka juga menambah pemasangan CCTV di sejumlah obyek vital PDAM.

“Kami akan melaporkan kasus ini ke kepolisian biar nanti kepolisian yang mengusut. Kami juga akan meningkatkan keamanan dengan menaruh CCTV di beberapa titik,” tandasnya. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar