Peristiwa

Tergerus Arus Sungai, Jembatan Penghubung Dusun Amblas

Kediri (beritajatim.com) – Akibat tergerus derasnya aliran sungai, sebuah jembatan penghubung antar dusun di Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri ambrol. Atas peristiwa tersebut, BPBD Kabupaten Kediri langsung melakukan pengecekan ke lokasi.

Dari hasil pemeriksaan, panjang jembatan yang ambrol ini adalah 13 meter dengan ketinggian 4 meter dan lebar 5,5 meter. Untung, salah satu warga menuturkan, sebelumnya jembatan tersebut sudah pernah ambrol, namun ia lupa persisnya tahun berapa.

“Dulu pernah ambrol, tapi saya lupa, dan jembatan ini penghubung Dusun Gelaran, Kasembon, Jarakan, dan Dusun Mbatan Desa Dungus,” ujarnya.

PLT Kalaksa BPBD Kabupaten Kediri, Slamet Turmudzi mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan, hasilnya untuk penanganan darurat tidak bisa dilakukan, karena gorong-gorongnya bocor, sehingga harus dilakukan penggantian.

“Sebenarnya akan dilakukan pemasangan gronjong, namun karena gorong-gorong bocor, sehingga tidak bisa dilakukan,” ucapnya.

Slamet menambahkan, kini pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, nantinya jembatan tersebut akan dilakukan perbaikan secara permanen. Selain itu juga sedang dihitung anggarannya, dan semua proses perbaikan akan dilakukan oleh Dinas PUPR. Untuk langkah pengamanan saat ini, BPBD menutup jalan tersebut. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar