Uncategorized

Sekda Kabupaten Kediri Jalin Komunikasi Dua Arah dengan Kalangan Jurnalis

Kediri (beritajatim.com) –– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri, Dede Sujana, S.Sos, M.Si membuka diri dalam berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat, termasuk kalangan jurnalis. Pernyataan tersebut disampaikannya dalam acara sambung rasa dengan awak media di sebuah rumah makan di Kota Kediri, Selasa (11/12/2018).

\\\”Terkait bagaimana berkomunikasi dengan kawan-kawan media, kami harapkan untuk saling mengisi. Hal-hal apa saja terkait dengan informasi yang perlu untuk diklarifikasi, program dalam rangka mempererat tali silaturahmi,\\\” kata Dede Sujana.

Mantan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri ini terpilih menjadi Sekda Kabupaten Kediri baru melalui rangkaian proses seleksi. Dia menggantikan posisi PJ Sekda sebelumnya yang di jabat oleh Mohamad Solikin.

Diawal jabatan ini, Dede Sujana menggelar safari ke berbagai kalangan. Termasuk kali ini ke para pekerja pers. Pria kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat ini menyadari bahwa tugas dan tanggung jawabannya membutuhkan peran dan dukungan dari pihak-pihak lain, termasuk media.

Acara \\\’sambung roso\\\’ (baca : menyambung rasa) ini dikemas dengan dialog ringan sembari menikmati makanan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan \\\’mengantarkan\\\’  sambungan komunikasi antara Sekda dengan awak media tersebut.

\\\”Pertemuan ini membuktikan bahwa pak Sekda memiliki perhatian khusus terhadap kawan-kawan semua. Ini adalah hal yang luar biasa. Melalui pertemuan ini, kami berharap ada masukan dan saran dari kawan-kawan untuk kami dan pak Seda dalam rangka menjalin sinergitas yang baik. Tentunya sinergitas dua arah,\\\” kata Krisna Setiawan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya  jawab. Didi Mashudi, selaku wartawan Harian Surya/Tribunnews berterima kasih, karena mendapatkan kesempatan untuk bertemu dan menyampaikan ungkapan para jurnalis kepada Sekda Kabupaten Kediri baru.

\\\”Kehadiran pak Dede ini diharapkan membawa era baru. Diharapkan ada semacam komunikasi terarah. Suatu ketika jurnalis butuh konfirmasi kepada pak Sekda,\\\” kata Didik, sebagai wartawan yang dituakan di Kediri.

Dia berharap pertemuan ini bisa dilaksanakan secara rutin. Sehingga menciptakan suatu sambungan rasa. Dia menyarankan, acara dapat dikemas dalam sebuah pertemuan yang tidak formal. Sehingga, nuansa keguyuban bisa terlihat.

Dede Sujana kemudian menjawab pertanyaan dari wartawan senior di Kediri tersebut. \\\”Saya minta kepada kominfo sekaligus ikut dalam pertemuan ini. Saya selaku Sekda baru memiliki kewajiban melaksanakan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan dalam menunjang visi misi bupati. Kami tidak akan berhasil tanpa bantuan rekan rekan selaku mitra kerja,\\\” beber Dede Sujana.

\\\”Secara pribadi saya bukan orang yang enjoy dengan hal yang bersifat media. Tetapi karena tugas dan tanggung jawab, saya harus bisa membiasakan diri. Saya menyadari bahwa, kami membutuhkan bantuan dan support rekan media,\\\” tambahnya.

Terkait dengan jalinan komunikasi, Dede mengaku, sangat membuka diri. Tetapi pihaknya berharap, rekan media bisa menyadari beban tugas dan tanggung jawab Sekda. Sehingga, ada kalanya tidak dapat melayani satu per satu secara bersamaan. Bila demikian, ada fungsi Dinas Kominfo yang dapat memberikan jembatan informasi kepada wartawan yang membutuhkan klarifikasi pemberitaan.

Dede Sujana bukan asli warga Kediri. Tetapi, dirinya sudah lama mengabdikan diri untuk Kabupaten Kediri. Treck recordnya selama ini mahir dalam bidang perencanaan. Hampir 70 persen perjalanan kariernya di Badan Pemberdayaan Daerah (Bappeda). (adv/nng)

Apa Reaksi Anda?

Komentar