Iklan Banner Sukun
Peristiwa

8 Kecamatan di Lamongan Dilanda Cuaca Ekstrem

BPBD Lamongan bersama relawan saat mengevakuasi pohon tumbang akibat hujan deras bercampur angin

Lamongan (beritajatim.com) – Cuaca buruk berupa hujan bercampur angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lamongan. Tercatat hingga Selasa (22/2/2022), setidaknya ada 8 kecamatan yang sangat terdampak cuaca ekstrem.

Adapun 8 kecamatan itu adalah Babat, Turi, Karanggeneng, Laren, Glagah, Karangbinangun, Sambeng dan Kecamatan Paciran. Sedangkan dampak yang paling dominan yakni pohon tumbang. “Dampak paling dominan adalah pohon tumbang yang menimpa sejumlah tiang listrik,” ujar Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Lamongan, Muhammad Muslimin, Selasa (22/2/2022).

Kendati demikian, hingga saat ini BPBD Lamongan belum menginventarisir jumlah kerugian material yang diakibatkan cuaca ekstrem ini. Namun, mengenai material pohon yang tumbang, lanjutnya, sudah berhasil dievakuasi secara keseluruhan.


“Untuk nominal kerugian belum, karena baru saja diinventarisir. Seluruh pohon tumbang juga sudah dievakuasi oleh petugas gabungan dan relawan. Selain itu, sejumlah gangguan yang ada kini sudah teratasi,” terangnya.

Lebih lanjut, Muslimin menuturkan, cuaca ektrem seperti pada Senin lalu bakal terjadi lagi pada Rabu (23/2/2022), yakni sekitar pukul 15.00 WIB. Hal tersebut berdasarkan prediksi yang dikemukakan oleh BMKG.

Oleh sebab itu, Muslimin mengimbau kepada seluruh warga untuk mempersiapkan diri dan mewaspadai adanya kemungkinan bencana. “Itu prediksi BMKG, yang jelas pihak kami terus siaga dan semoga didukung warga melakukan tindak pencegahan dini,” imbaunya.

Tak cukup itu, Muslimin juga menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar memangkas sejumlah pohon yang berada di kawasan perkotaan dan padat penduduk, guna antisipasi kejadian pohon tumbang tak terjadi lagi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait supaya memangkas sejumlah pohon di kawasan kota dan padat penduduk,” tandasnya. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar