Peristiwa

8 Kabupaten di Jawa Timur Rawan Gempa Bumi dan Tsunami

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur, Irjen Polisi Luki Hermawan mengatakan, di Jatim terdapat 8 wilayah rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

Pasalnya, Jawa Timur berdekatan dengan jalur bertemunya lempeng Indo-Australia.

“Ada 8 daerah lain yang akan kami lakukan simulasi bencana. Di antaranya, Kabupaten Banyuwangi, Jember, Lumajang, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan Pacitan,” kata Irjen Pol Luki Hermawan usai meninjau simulasi kesiapsiagaan bencana di Pantai Mustika, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Sabtu (5/1/2019).

Simulasi tersebut, kata Kapolda, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan semua elemen, mulai tahap antisipasi, penanganan, hingga pemulihan pascabencana.

“Ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan aparat dan semua stakeholder terkait. Juga untuk memperkuat sinergitas antar-aparat dalam menghadapi bencana,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Korem 083/ Baladhika Jaya, Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mengedukasi warga agar tanggap dalam bencana.

“Kita tahu daerah di ujung timur Jawa Timur ini rawan bencana. Jadi, kegiatan ini dalam rangka menyiapkan warga agar sigap jika terjadi bencana,” ungkapnya.

Terlebih, kata Bagus, sinergitas antara Polri, TNI dan Pemerintah Daerah telah terjalin. Sehingga, semua elemen siap dalam menghadapi bencana.

“Kita bersama Polri dan Pemerintah Daerah serta BPBD telah siap menghadapi kemungkinan terjadi bencana,” pungkasnya. [rin/air]





Apa Reaksi Anda?

Komentar