Peristiwa

76 Heppiii Community Desa Japanan Gelar Doa Bersama untuk Pahlawan

Usai doa bersama dilakukan penyerahan piagam yang diterima Kadesa Japanan Junaidi Catur Wicaksono (baju putih)

Jombang (beritajatim.com) – Doa bersama untuk para pahlawan yang digelar 76 Heppiii Community Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno berlangsung khusuk dan khidmat, Rabu (26/8/2020) malam. Tokoh masyarakat dan anggota komunitas hadir dalam acara yang digelar di area Masjid Thoriqul Jannah, desa setempat.

Selepas kumandang azan isyak, para undangan mulai berdatangan. Sebuah panggung berukuran kecil juga siap di lokasi. “Doa bersama ini dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Tanpa perjuangan para pahlawan dan ulama, kemerdekaan tidak akan kita raih,” ujar Riduwan, Ketua 76 Heppiii Community Desa Japanan.

Riduwan mengatakan, 76 Heppiii Community Desa Japanan terdiri dari beberapa unsur. Di antaranya, ranting NU, Ansor, Banser, Karang Taruna, serta Pokmas (Kelompok Masyarakat) Desa Japanan. Seluruh anggota komunitas itu bahu membahu memajukan desa. Selain anggota komunitas, acara tersebut juga dihadiri Kepala Desa (Kades) Japanan Junaidi Catur Wicaksono dan jajaran perangkat desa.

Riduwan menjelaskan, selain doa bersama untuk para pahlawan, selama ini banyak kegiatan bersifat positif yang dilakukan oleh 76 Heppiii Community Desa Japanan. Semisal, pengadaan PJU (penerangan jalan umum). Tentu saja, sejumlah tempat yang sebelumnya gelap, kini terang benderang ketika malam.

Kondisi itu salah satunya terlihat di sekitar jembatan Dusun Kedungbader, Desa Japanan. Sebelumnya, jembatan tersebut gelap ketika malam. Namun saat ini sudah terpasang beberapa PJU. Sehingga ketika malam tiba kondisinya terang benderang.

“Banyak sekali kegiatan yang dilakukan 76 Heppiii Community Desa Japanan. Kalau saya sebutkan satu persatu bisa sampai pagi. Jadi saya sebutkan kegiatan yang besar-besar saja. Semisal, pemasangan PJU di sepanjang desa,” ujarnya.

Ketua 76 Heppiii Community Desa Japanan, Riduwan

“Hingga saat ini sudah ada 60 titik PJU. Jumlahnya terus kita perbanyak. Alhamdulillah, hadirnya PJU ini manfatnya sangat dirasakan masyarakat,” kata Riduwan yang juga pengurus Ranting NU Desa Japanan ini.

Kemudian pengadaan tenda (terop) di masing-masing dusun. Tenda yang dikelola 76 Heppiii Community ini juga sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Sebab mereka bisa menggunakan fasilitas tersebut ketika ada kegiatan. Lewat komunitas, juga dilakukan pemasangan kanopi di masjid dan musala.

Selain itu, lanjut Riduwan, pihaknya juga menggelar kegiatan yang bersifat sosial. Semisal acara ‘Ramadhan Heppiii’ beberapa bulan lalu. Yakni membagikan 400 paket sembako kepada warga terdampak pandemi Covid-19, mulai fakir miskin, anak yatim dan janda.

Kemudian membagikan masker sebanyak 700 pcs, penyemprotan disinfektan sebanyak tiga kali, masing-masing di Dusun Japanan, Gempol dan Gembrong. “Alhamdulillah, kegiatan-kegiatan tersebut juga menjadikan kami semakin rukun dan kompak,” ujar Riduwan.

Pemasangan PJU di jembatan Kedungbader Desa Japanan yang dilakukan 76 Heppiii Community

Di tempat yang sama, Kades Japanan Junaidi Catur Wicaksono mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi sederet kegiatan yang dilakukan 76 Heppiii Community. Hadirnya komunitas tersebut sangat membantu kinerja desa. Hadirnya komunitas itu juga mampu menciptakan gotong-royong antarwarga.

“Kami sangat terbantu hadirnya 76 Heppiii Community di Desa Japanan. Mulai dari PJU, terop, serta kegiatan sosial lainnya. Terpnting lagi, komunitas ini mampu menciptakan kerukunan antar warga, menciptakan kerjasama yang kompak antar dusun. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih,” ujar Kades Japanan. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar