Peristiwa

75 Personil Padamkan Api di Gunung Welirang

Jakarta (beritajatim.com) – 75 personil tim gabungan berhasil padamkan api di Gunung Weilrang, Jawa Timur, Kamis (3/10/2019). Gunung api aktif dengan ketinggian 3.156 m dari permukaan laut, yang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, Gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Rabu, 02 Oktober 2019 sampai dengan pukul 19.30 WIB. Situasi dan Kondisi Perkembangan kebakaran hutan wilayah Tahura R. Soerjo, titik api berada di Blok Plorotan dan Blok Gunung Pundak, Gunung Welirang, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Sebagian sudah dapat dipadamkan. Masih ada beberapa titik yang masih belum dapat dikendalikan karena angin dilokasi tersebut berhembus cukup kencang, namun sudah dapat dipadamkam. “Vegetasi yang terbakar adalah meliputi semak belukar dan cemara gunung. Luasan terdampak masih dalam pemetaan,” katanya melalui pernyataan tertulisnya, Kamis (3/10/2019).

Dia menambahkan, BPBD Provinsi Jawa Timur masih melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Mojokerto & Dinas Kehutanan Provinsi Jatim (UPT. Tahura R. Soerjo). Serta Tim Perhutani, BPBD, LMDH, TNI, POLRI, potensi relawan.

Update 3 Oktober 2019, kebakaran hutan wilayah Tahura R. Soerjo, titik api yang berada pada blok putuk sewur dan blok cemoro cangkruk sudah dapat dikendalikan, namun tim tahura tetap melakukan penyisiran ulang.

Tahura R. Soerjo memberangkatkan tim penyisir sebanyak enam personil untuk melakukan penyisiran kembali dari blok cemoro cangkruk sampai dengan blok puthuk sewur. “Sampai pukul 16.00 WIB, laporan diterima BNPB, api dapat dipadamkan dan keadaan aman terkendali,” kata Agus. [hen/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar