Peristiwa

69 persen CJH Tuban Kategori Risti

Tuban (beritajatim.com) – Sebanyak 69 persen Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban 2019 masuk kategori risiko tinggi (risti). Dari total 883 CJH, sebanyak 613 orang diantaranya adalah risti.

“Ada sebanyak 69 persen calon jemaah haji asal Tuban ini yang risti,” terang Sahid, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Selasa (23/7/2018).

Data yang dihimpun beritajatim.com, dari 613 CJH yang kondisinya risti itu, sebanyak 336 orang mengidap penyakit. Atau sekitar 38 persen dari total calon jamaah haji yang akan berangkat pada 1 Agustus mendatang.

Ratusan CJH Tuban saat melaksanan kegiatan Manasik Haji di lapangan Perumdin Semen Gresik Tuban

“Untuk yang risti usia lanjut hanya sekitar 7 persen, atau sebanyak 61 orang. Risti usia lanjut dan penyakit ada 216 orang. Memang yang paling banyak Risti penyakit itu,” tambah Sahid.

Sementara itu, untuk semua tahapan persiapan keberangkatan CJH Kabupaten Tuban telah selesai dilaksanakan oleh pihak Kemenag Tuban.

Termasuk mengelar manasik haji massal terakhir yang dilaksanakan di lapangan komplek Perumdin Semen Gresik, Desa Bogorrejo, Kecamatan Merakurak, Tuban.

“Kita telah melaksanakan kegiatan manasik haji massal yang terakhir dengan melibatkan semua calon jemaah. Setelah manasik terakhir ini kita tinggal menunggu keberangkatan,” papar Kepala Kemenag Tuban.

Jumlah CJH Kabupaten Tuban pada tahun 2019 ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebanyak 883 orang Calon Jamaah Haji tersebut akan diberangkatkan dalam dua kloter, yakni kloter 76 dan kloter 77. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar