Peristiwa

65 Ribu Warga Sumenep Terima BST, Pencairan Tetap Jaga Jarak

Sumenep (beritajatim.com) – Ratusan warga terlihat memadati halaman Kantor Pos Sumenep, Jl. Urip Sumoharjo pada Senin (11/05/2020). Mereka adalah para penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), yang merupakan program bantuan dari pemerintah bagi warga yang terdampak Covid-19.

Kepala PT Pos Indonesia (Posindo) Sumenep, Aquedsa Habibi menjelaskan, jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BST di Sumenep sebanyak 65.839. Untuk sementara, yang sudah bisa dicairkan saat ini sebanyak 36 ribu KPM.

“Untuk KPM yang lain masih dalam proses, karena data pencairan ini akan terus bergerak hingga semua KPM menerima BST,” katanya.

Ia menjelaskan, program BST tersebut menyedot anggaran Rp 118 milyar. Setiap KPM mendapatkan dana stimulan Rp 600 ribu per bulan, selama 3 bulan, yakni April, Mei, dan Juni.

“Yang hari ini cair adalah jatah bulan April. Sedangkan yang bulan Mei segera disusulkan berikutnya. Untuk yang Juni tentu saja menunggu bulan depan,” ujarnya.

Meski jumlah penerima BST melalui Kantor Pos cukup besar, namun diupayakan tetap memenuhi protokol kesehatan, yakni cuci tangan dan ‘physical distancing’. Kursi penerima satu dan lainnya berjarak 1 meter.

“Pencairan berikutnya kami upayakan bisa dilakukan di masing-masing kecamatan, agar tidak terjadi penumpukan antrian. Hari ini karena hari pertama pencairan dan masih launching dihadiri Bupati, sehingga dipusatkan di kantor pos Sumenep,” paparnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar