Peristiwa

Cara Akses Listrik Gratis Selama 6 Bulan Saat Pandemi Covid-19

Humas PLN Wilayah UP3 Bojonegoro Hekso Wisoto

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pemerintah menyediakan listrik gratis selama enam bulan saat masa pandemi Virus Corona atau Covid-19. Ada dua cara yang bisa diakses untuk mendapat listrik gratis tersebut.

Pertama pelanggan bisa mengakses melalui website resmi PLN di www.pln.co.id. Setelah mengakses website tersebut kemudian masukkan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian dan identitas pelanggan yang tampil pada layar token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan.

Seperti dikutip dari Instagram resmi PLN, setelah token listrik gratis berhasil didapatkan, pelanggan dapat memasukkan angka tersebut ke kWh meter. Kemudian juga bisa dengan cara mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WhatsApp (WA) ke nomor 08122123123.

Humas PLN Wilayah UP3 Bojonegoro Hekso Wisoto mengatakan, program listrik gratis diberikan kepada pelanggan dengan tarif B1/450 VA atau Bisnis Skala Kecil dan I1/450 VA atau Industri Skala Kecil selama enam bulan untuk meringankan beban kepada pelanggan selama pandemi Virus Corona.

PLN Wilayah UP3 Kabupaten Bojonegoro menyiapkan tagihan sebesar Rp 22,8 Miliar untuk program stimulus wabah Corona atau Covid-19 kepada para pelanggan. “Program ini terutama untuk mengupayakan pemulihan ekonomi, terutama di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah,” jelasnya.

Program stimulus Covid-19 yang diberikan kepada pelanggan PLN di Wilayah UP3 Bojonegoro dengan komposisi, tarif B1/450 VA gratis selama enam bulan rinciannya, pelanggan di Bojonegoro sebanyak 10.728 pelanggan, tagihan sebesar Rp 8,2 Miliar.

Kabupaten Tuban jumlah pelanggan sebanyak 11.577 pelanggan dengan tagihan Rp 6,3 Miliar dan Kabupaten Lamongan sebanyak 7.247 pelanggan dengan tagihan sebesar Rp 8,3 Miliar. “Total pelanggan di UP3 Bojonegoro yang mendapatkan listrik gratis selama pandemi Virus Corona ini sebanyak 29.552 pelanggan dan total tagihan sejumlah Rp 22,8 Miliar,” ujarnya, Rabu (6/5/2020).

Sedangkan, lanjut Hekso, untuk pelanggan Tarif I1/450VA atau industri skala kecil data pelanggan tidak ada, karena memang tidak ada pelanggan dengan tarif tersebut di wilayah UP3 Bojonegoro. “Untuk tarif B dan I gratis selama enam bulan mulai Mei – Oktober. Sedangkan untuk rumah tangga 450 VA dan 900 VA gratis selama tiga bulan mulai April – Juni,” pungkasnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar