Peristiwa

52 Paus Terdampar di Bangkalan, 3 Berhasil Diselamatkan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke lokasi terdamparnya ikan paus.

Bangkalan (beritajatim.com) – Sebanyak 52 ekor ikan paus yang terdampar di perairan Desa Petereman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Dari jumlah puluhan itu, hanya tiga ekor yang selamat dan kembali ke laut.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa langsung meninjau ke lokasi untuk melihat puluhan paus terdampar.

Ikan Paus terdampar di Pantai Modung. Foto: Ist

“Kawanan paus ini mengikuti induknya yang terjebak di perairan Modung, indukannya ini terjebak di sini dan anakannya juga mengikuti. Sehingga semuanya ikut terjebak,” ujarnya, Jumat (19/2/2021).

Saat tiba ke lokasi hanya terdapat tiga ekor ikan paus yang mampu bertahan. Sehingga, tim penyelamat bersama warga membantu mendorong ikan tersebut ke tengah laut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Muhammad Zaini menduga, ikan tersebut terdampar akibat terbawa angin puting beliung yang terjadi kemarin sore. Meski begitu, ia tak mengetahui secara pasti penyebab hewan mamalia itu terdampar.

“Kami menduga akibat adanya puting beliung kemarin sore itu, jadi puluhan ikan tersebut terdampar di sini,” ungkapnya.

Kini petugas sedang menyelidiki penyebab terjadinya puluhan paus sembari mengubur bangkainya agar tidak menimbulkan dampak terhadap warga setempat. “Tentu akan dikubur sebab kalau dibiarkan akan membusuk dan mengganggu masyarakat sekitar,” tandasnya. [sar/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar