Peristiwa

5000 Liter Air Zam-zam Sudah Tiba di AHES Embarkasi Surabaya

Surabaya, (BeritaJatim.com)– Nampak sejumlah petugas menurunkan kardus putih dari truk bersegel Bea dan Cukai di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Selasa (23/7/2019).

Para petugas ini sedang menurunkan kotak berisi air zam-zam yang baru tiba dari Arab Saudi. Tercatat setiap kotak berisi air zam-zam seberat lima liter.

Kabid Pwnyelenggara Ibadah Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, Jamal menjelaskan, air zam-zam yang tiba akan bertahap sesuai jumlah jemaah haji di Embarkasi Surabaya.

“Setiap jamaah memperoleh segalon berisi lima liter,” jelasnya.

Jamal memaparkan, pemerintah Arab Saudi saat ini sudah mengirimkan dua kali air penuh berkah ini dengan total 5.000 galon lebih.

Karena sudah dipastikan memperoleh jatah, calon haji dan haji diimbau tak perlu membawa air zam-zam di dalam tas atau koper.

“Pesawat tak akan terbang jika nekat membawa air zam-zam. Apalagi jumlah airnya melebihi ketentuan yang berlaku dari pemerintah Arab Saudi,” tandasnya.

“Tapi jika ada yang nekat membawa air zam-zam berlebih akan disita. Soalnya abis sholat fardlu, haji nekat membawa sendiri,” lanjut Jamal.

Jama mengatakan, tak sedikit haji yang membawa air zam-zam melebihi batas dikarenakan para jemah ingin membawa air ini dengan jerihpayahnya sendiri.

“Boleh membawa sendiri kirm melaui kargo, biar air zam-zam dititipkan ke asrama sebelum pemilik atau haji pulang,” katanya.

“Namun nanti akan kena cukai dan biarkan pesawat kargo saja yang membawa. Jadi jemaah tak perlu susah payah membawa di tas atau koper,” pungkas Jamal.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar