Peristiwa

50 Persen Rumah Hangus di Kabupaten Malang Penyebabnya Sampah Dibakar

Malang (beritajatim.com) – Kebakaran rumah di Kabupaten Malang 50 persen disebabkan lantaran pemilik rumah lalai saat membakar tumpukan sampah kering. Total 10 kebakaran rumah muasal selama bulan Agustus 2020 ini, 50 persennya disebabkan dari kegiatan bakar-bakar sampah.

“Hari ini di Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kebakaran dekat rumah penjual ban bekas terjadi. Muasalnya ya bakar-bakar sampah. Jadi dengan ini sudah 5 kali bakar-bakar sampah jadi penyebab kebakaran di bulan Agustus ini,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPBK) Damkar Kabupaten Malang, Goly Karyanto, Kamis (20/8/2020).

Dari 50 persen itu, kata Goly, kebakaran terjadi karena konsleting listrik. “Dan juga kelalaian pemilik warung ketika memasak dan gasnya lupa dimatikan akhirnya bara api dari gas menyulut api dan kebakaran terjadi,” imbuhnya.

Untuk menghindari kebakaran karena bakar-bakar sampah, Goly menganjurkan warga Kabupaten Malang untuk memastikan ampas sampah yang terbakar benar-benar padam.

Caranya adalah, dengan diurai sampahnya yang biasanya menggunung itu. Jika masih terdapat bara api, Goly menyarankan untuk disiram lagi ampas bakar-bakar sampah itu.

“Jadi kan sampahnya itu kadang menggunung kalau lagi bakar-bakar. Biasanya itu yang menjadi penyebab ya nyiramnya tidak sampai dasar tapi hanya dipermukaan, dan langsung ditinggal. Padahal di dalamnya itu masih ada bara api. Itu lah yang jadi penyebab kebakaran,” paparnya.

Goly menyarankan jika bakar-bakar sampah, warga musti lihat lokasi. “Pastikan di sekitar bakar-bakar tidak dekat dengan rumah atau bahan yang mudah terbakar,” pungkasnya. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar